Kompas.com - 06/10/2020, 16:06 WIB

KOMPAS.com - Agar-agar campur irisan buah dapat menjadi pilihan dessert untuk makan malam. Kamu hanya membutuhkan agar-agar bubuk dan buah favoritmu.

Baca juga: Bedanya Agar-Agar dan Gelatin, Bahan Makanan untuk Dessert

Agar-agar sendiri merupakan bahan makanan yang terbuat dari rumput laut. Agar-agar bubuk paling umum dikenal di Indonesia. Warna dan rasa agar-agar mulai dari putih tanpa rasa sampai merah rasa stroberi.

Yuk siap-siap membuat agar-agar buah untuk pelengkap makan malam. Ikuti resep dari Asian Food Network berikut.

Resep agar-agar buah

Bahan

  • 15 gram agar-agar bubuk
  • 200 ml santan
  • 1/2 cup buah kering apa saja (bisa pakai irisan buah segar)
  • 960 ml air
  • 150 gram gula
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara membuat agar-agar buah

1. Agar-agar santan: siapkan panci kecil. Rebus santan, 5 gram agar-agar bubuk, 1 sdm gula, dan 100 ml air. Aduk berkala.

2. Matikan kompor. Segera tuang ke cetakan agar-agar. Goyangkan cetakan perlahan untuk hilangkan gelembung udara. Simpan dalam kulkas selama 30-60 menit sampai padat.

3. Masukkan buah ke cetakan. Sisihkan.

4. Agar-agar biasa: rebus 10 gram agar-agar bubuk, sisa gula, dan air. Aduk berkala. Ketika agar-agar mendidih, angkat dari kompor. Teteskan pewarna makanan, aduk rata.

5. Tuangkan agar-agar biasa ke cetakan yang berisi agar-agar santan dan buah. Goyangkan cetakan perlahan untuk hilangkan gelembung udara. Simpan dalam kulkas 30-60 menit.

Potong kecil-kecil. Tata di atas piring saji. Agar-agar buah siap dinikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.