Kompas.com - 11/04/2021, 17:39 WIB
Ilustrasi wadah makanan. UNSPLASH/ELLOIlustrasi wadah makanan.


KOMPAS.com – Sebagian orang mungkin merasa malas bangun jauh lebih awal mempersiapkan makanan untuk momen sahur saat Ramadhan.

Namun, ada satu alternatif yang bisa kamu coba lakukan untuk meringankan proses mempersiapkan makanan baik untuk sahur maupun buka puasa.

“Caranya adalah meal prep. Meal prep itu kita masak banyak pagi-pagi, atau enggak sehari masak sekali saja,” kata Chef Yuda Bustara dalam acara Konferensi Pers Virtual Kolaborasi KFC Indonesia dan Tupperware Indonesia, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Diskon Spesial Ramadhan dari KFC, Kolaborasi dengan Tupperware

Dengan cara meal prep ini, kamu hanya perlu memasak dalam jumlah agak banyak satu kali saja dalam sehari.

Nantinya, makanan tersebut bisa kamu simpan dalam wadah kedap udara yang diletakkan di dalam kulkas.

Baca juga: 7 Persiapan Masak Jelang Ramadhan, biar Lebih Praktis dan Cepat

Cara menyiapkan makanan untuk sahur dan buka puasa

Seperti dilansir dari Good House Keeping ada banyak sekali cara untuk membuat meal prep.

Namun biasanya ada dua jenis meal prepping yang banyak dilakukan orang, yakni batch cooking dan juga makanan porsi individu.

Batch cooking artinya, kamu membuat banyak sajian dalam jumlah besar dalam satu kali masak. Selanjutnya, kamu membekukan sajian-sajian tersebut untuk digunakan di lain hari.

Sementara untuk jenis meal prepping porsi individu kamu akan memasak sajian lengkap untuk beberapa porsi sekaligus. Lengkap termasuk karbohidrat, protein, dan sayuran.

Baca juga: Jenis Makanan yang Disarankan Koki untuk Buka Puasa

Ilustrasi frozen foodShutterstock Ilustrasi frozen food

Kemudian sajian tersebut kamu bagi ke dalam beberapa wadah. Satu wadah untuk satu orang berbeda. Meal prepping jenis ini yang dilakukan oleh Chef Yuda.

“Contohnya (wadah) Tupperware. Dimasukkin nasi, sayur, ayam KFC, jadi satu terus packing. Misalnya buat ayah, buat anak, buat saudara,” terang Chef Yuda.

Pastikan wadah-wadah berisi makanan ini merupakan wadah kedap udara.

Wadah kedap udara yang baik akan membuat makananmu segar lebih lama dan terasa lebih baik. Bakteri dan bau tidak sedap akan sulit masuk dan mengontaminasi makanan.

Baca juga: Ide Menu Sahur Hari Pertama, Tumis Tahu Brokoli yang Masaknya Cepat

Jika sudah tiba waktu sahur dan berbuka, kamu hanya perlu mengeluarkan wadah-wadah tersebut dari kulkas dan menghangatkannya.

“Simpan dalam freezer, nanti kalau mau dipanaskan tinggal masukkan dalam microwave atau dikukus juga bisa,” pungkas Chef Yuda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X