Kompas.com - 23/03/2021, 18:32 WIB
Ilustrasi fettuccine carbonara ala Italia, pasta saus creamy. SHUTTERSTOCK/GKRPHOTOIlustrasi fettuccine carbonara ala Italia, pasta saus creamy.

KOMPAS.com - Sering kali ketika melihat resep pasta atau sedang menonton demo masak dari koki, kita mendengar istilah al dente. Apa itu al dente

Dikutip dari Thespruceeats.com istilah al dente berasal dari frasa Italia yang diterjemahkan sebagai "sampai ke gigi" (to the tooth). Artinya, pasta memiliki tingkat kematangan sempurna.

Baca juga: Resep Baked Pasta, Banyak Dijual Online Saat Pandemi

Menurut Chef Hotel Salak Heritage Bogor, Ihsan Hadi, pasta dikatakan al dante ketika tekstur pasta terasa empuk dan terigu yang ada pasta sudah hilang.

"Jadi kita ambil satu bagian pas, kalau misalnya tekstur sudah empuk, terus terigunya sudah hilang dari dalam, itu sudah bisa dinyatakan matang," kata chef Ihsan, dalam Live Instagram @kompas.travel bersama Hotel Salak Heritage Bogor di program #MasakdiRumahAja, Kamis (30/4/2020) pukul 15.30 WIB.

"Jadi tidak terlalu matang atau kurang matang, benar-benar ada di titik pas," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Resep Fettuccine Carbonara, Pasta Creamy buat Ide Menu Jualan

Ihsan menjelaskan bahwa orang italia lah yang mempopulerkan istilah al dente dan juga dikenal sebagai pembuat pasta.

Ia menginformasikan jika hendak memasak pasta di rumah, tidak harus selalu menggunakan pasta berjenis spaghetti.

Ia mengatakan, ada banyak jenis pasta selain spaghetti di antaranya fettucini, fusilli, penne, makaroni, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Simpan Spageti atau Pasta Sisa, Bisa Tahan Sampai 3 Bulan

Bagaimana cara tahu pasta sudah al dente atau belum?

Ilustrasi pasta carbonara, pakai telur dan permesan.PEXELS/ ENGIN AKYURT Ilustrasi pasta carbonara, pakai telur dan permesan.

Dikutip dari Thespruceeats.com, beberapa koki menyarankan bahwa saat kamu menggigit pasta yang dimasak al dente, kamu akan melihat titik putih kecil di tengah pasta.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.