15 Jenis Pasta yang Sering Dijumpai di Indonesia

Kompas.com - 14/10/2020, 19:07 WIB
Sajian linguine pasta. Dok. Shutterstock/Photology1971Sajian linguine pasta.

 

KOMPAS.com- Pasta adalah salah satu makanan Italia yang terkenal sampai ke penjuru dunia. Ada banyak jenis pasta dari Italia, salah satu yang terkenal adalah spageti. 

Berikut ini adalah beberapa jenis pasta dilansir dari Insider. Pasta-pasta ini terbilang sering atau mudah dijumpai di Indonesia. 

Baca juga: Cara Simpan Spageti atau Pasta Sisa, Bisa Tahan Sampai 3 Bulan

Sekarang, kamu bisa dengan mudah mengetahui bentuk pasta ketika memesan pasta di restoran:

1. Spaghetti

Dalam Bahasa Italia, spaghetti berarti "tali atau kecil". Ada beberapa variasi spaghetti atau spageti, diantaranya spaghetti alla chitarra, spaghettini, dan spaghettoni.

Pada dasarnya bentuknya sama-sama lurus memanjang, tetapi ukuran kebetalan spgahetti sedikit berbeda. 

2. Linguine

Berarti "lidah kecil". Bentuknya lebih lebar dan lebih rata dari spageti. Nama dan variasi lainnya adalah bavettine, bavette fini, radichini, trenette, dan linguettine.

3. Fettuccine

Fettuccine berukuran lebih lebar dari linguine dengan permukaan rata. Bentuknya mirip kwetiauw di Indonesia. Banyak variasi dan nama lain, seperti lasagnette, fettucce, ramicce, dan sagne.

Baca juga: 9 Saus Pasta Klasik dari Italia, Bukan Cuma Bolognese

4. Capellini

Dikenal juga dengan nama angel hair atau pasta rambut malaikat. Pasta ini memiliki bentuk  mirip spageti, tetapi berdiameter lebih kecil dan dan lebih tipis. 

5. Bucatini

Pasta mirip spageti lainnya, dengan lubang di tengahnya. Kata itu diterjemahkan dari Bahasa Italia menjadi "sedotan berlubang."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Insider
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X