Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Hilangkan Bau Durian dari Tangan dan Mulut, Ada Penawarnya Sendiri

Kompas.com - 27/02/2021, 18:01 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu kendala yang dialami para pencinta durian adalah tangan dan bau mulut yang tak sedap setelah menyantap buah durian.

Mitos yang ada di masyarakat mengatakan bahwa cara ampuh untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan meminum air dari cekungan bagian dalam dari kulit durian.

Kamu bisa meminum air atau mencuci tanganmu di sana.

Mohamad Reza Tirtawinata, ketua Yayasan Durian NUSANTARA menjelaskan apakah hal ini benar atau tidak.

Baca juga: Cara Simpan Durian Kupas, Ada Waktu yang Tepat

Ilustrasi durian. SHUTTERSTOCK/THASSIN Ilustrasi durian.

Cara menghilangkan bau mulut setelah makan durian

“Iya benar, tapi tidak menghilangkan 100 persen. Kalau bau yang pekat atau kuat dari buah durian muda yang belum dibuka, kenapa tidak baunya keluar karena dilindungi dengan juring atau cekungan tempat buah durian,” jelas Mohamad Reza Tirtawinata kepada Kompas.com, Kamis (26/2/2021).

Durian memiliki juring atau cekungan buah durian yang mengandung lilin dengan permukan anti air. Apabila diisi dengan air maka tidak meresap di dalam kulit durian.

Baca juga: Ada Kopi Durian Montong di Cirebon, Seperti Apa Rasanya?

“Lilin itu kalau kita gosok-gosokkan bersama air maka air tersebut akan menjadi penawar atau anti bau durian,” jelas Mohamad Reza.

Lapisan lilin yang ada pada juring durian tersebut juga berguna sebagai penahan bau buah durian agar tidak keluar. Sekaligus sebagai obat alami untuk mengurangi mabuk durian dan bau durian.

Samiyo Menunjukkan Buah Durian Kencono Rukmi di rumahnya di Patuk Gunungkidul Minggu (24/1/2021)KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO Samiyo Menunjukkan Buah Durian Kencono Rukmi di rumahnya di Patuk Gunungkidul Minggu (24/1/2021)

Cara minum air dari kulit durian

Lapisan lilin pada kulit durian bagian dalam memiliki sifat kedap air. Tuangkan air pada cekungan tersebut, gosokkan lapisan lilin agar mendapatkan efek anti bau yang maksimal.

Air akan melarutkan lapisan lilin dan bisa langsung diminum.

Baca juga: Kenapa Indonesia Punya Jenis Durian Terbanyak di Dunia?

 

Cara yang lain adalah dengan menuangkan air hangat pada cekungan buah durian. Kemudian, gosok lapisan lilin sampai larut. Barulah minum air tersebut.

Kamu juga bisa mencuci tanganmu pada cekungan ini dengan cara menuangkan sedikit air. Usapkan jarimu bekas mengambil durian dan cuci dalam lapisan lilin.

Cara ini dinilai ampuh dalam menghilangkan bau durian pada tangan dan mulut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com