Kompas.com - 27/02/2021, 17:29 WIB
Ilustrasi durian shutterstock.com/topnatthaponIlustrasi durian

KOMPAS.com - Saat kamu sudah mulai kekenyangan dan sudah mabuk durian. Namun, masih ada banyak durian yang belum dihabiskan kamu bisa menyimpannya di lemari pendingin.

Kamu hanya perlu menyimpannya di freezer, tetapi hal yang diperhatikan adalah lama masa menyimpan durian dalam freezer ada jangka waktunya sendiri.

Mohamad Reza Tirtawinata, Ketua Yayasan Durian NUSANTARA menjelaskan cara menyimpan buah durian setelah dibuka dengan cara memasukkannya dalam freezer.

Baca juga: Kapan Musim Durian di Indonesia Dimulai?

Ilustrasi durian.shutterstock.com/Torjrtrx Ilustrasi durian.

Proses fermentasi durian

“Cara itu menghambat fermentasi pada durian, jadi bisa dilakukan,” jelas Mohamad Reza Tirtawinata kepada Kompas.com, Kamis (26/2/2021).

Setelah durian matang dan dipanen akan mengalami perubahan kandungan dalam buahnya. Pada masa setelah dipetik kandungan karbohidrat pada durian akan menurun menjadi gula.

Nantinya gula akan berfermentasi menjadi alkohol dan setelah beberapa lama akan mulai membusuk. Selanjutnya buah sudah mengandung cuka.

“Jadi kalau buah itu jatuh dan belum sampai 24 jam berarti karbohidrat sudah menjadi gula dan gula belum berubah menjadi alkohol,” papar Reza.

Baca juga: Apakah Benar Durian Tidak Boleh Dicampur dengan Alkohol, Kopi, atau Soda?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X