Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2021, 11:10 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Musim durian memang sudah lewat atau kamu sedang menikmatinya sekarang. Setiap daerah memiliki waktu musim durian yang berbeda-beda.

Mohamad Reza Tirtawinata, Ketua Yayasan Durian NUSANTARA menjelaskan kapan tumbuhan durian mulai berkembang dan sampai pada masa panen.

“Jadi durian itu panen kira-kira tujuh bulan setelah berbunga. Berbunga itu dua bulan setelah masuk musim kemarau,” jelas Mohamad Reza Tirtawinata kepada Kompas.com, Kamis 26/2/2021.

Baca juga: Kapan Musim Rambutan Datang? Ini Jawabannya

Ia mencontohkan jika di Bogor bulan Mei hingga Juni masuk musim kemarau maka pada bulan Juli sampi Agustus maka tumbuhan durian mulai berbunga.

Kemudian, setelah itu bisa dihitung selama enam sampai tujuh bulan maka tumbuhan durian sudah bisa dipanen.

Namun, kalau berbicara di kawasan lain seperti kawasan Riau memiliki musim kemarau yang berbeda.

Beberapa daerah di Indonesia tidak memiliki masa musim panen rambutan yang sama atau serentak. Tergantung situasi dan kondisi daerah tersebut.

“Jadi dilihat saja kapan musim kemaraunya lalu kapan mulai berbunganya, " jelasnya. 

Proses panen durian dimulai dengan masa kekeringan atau stress air. Kalau tumbuhan durian sudah mengalami stres air maka tumbuhan akan terpicu untuk berbunga.

Sementara pada masa berbunga sampai tumbuh buah juga mengalami masa-masa yang tidak mudah. Sebab, bunga harus mekar lalu harus diserbuki dengan serangga.

Baca juga: Resep Vanilla Mille Crepes, Tambah Topping Daging Durian Lebih Enak

Kalau proses tersebut gagal maka bunga tidak dapat bertumbuh alias rontok. Kemudian jika bunga berhasil diserbuki maka dapat menjadi buah muda lalu tumbuh menuju besar.

“Kalau duriankan buah kecilnya dari kecil sekali seukuran ibu jari sampai dengan tiga ampai empat kilogram. Jadi kan banyak sekali timbungan karbohidratnya," pungkas Reza.

Hal itu membyat durian butuh waktu lim sampai enam bulan baru tua, jatuh, dan mati. 

Pada tahun ini Reza menyebutkan panen buah durian bisa dikatakan sedikit. Sebab tahun lalu musim kemaraunya kurang panjang atau terhalang dengan beberapa kali hujan.

Baca juga: Resep Martabak Mini Manis dengan Vla Durian, Cocok untuk Jualan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com