Kompas.com - 26/02/2021, 09:18 WIB
Nasi pecel ShutterstockNasi pecel

KOMPAS.com - Pecel sayur adalah salah satu makanan diet yang nikmat. Namun, bumbu pecel terkadang terlalu manis dan dihindari orang yang diet gula.

Hal ini diakali oleh Elian Giovani Dea Consetta dari Madiun, Jawa Timur, yang berinovasi membuat bumbu pecel lebih sehat.

Ia mengganti gula dengan kurma dan garam biasa dengan garam himalaya. Merek bumbu pecel buatan Elian ini adalah Saqurma.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Madiun, Ada Soto Ndeso dan Wedang Cemoe

"Saqurma itu akronim dari Sambal Kurma, karena menggunakan kurma sebagai pengganti gula," kata Elian dikutip dari Surya.co.id

Ia membuat tiga varian rasa bumbu pecel yaitu Pedas, Sumer (sedang), dan Diet Pecel.

Varian Diet Pecel jadi produk andalannya. Sebab selain menggunakan kurma dan garam himalaya, sambal pecelnya juga rendah kalori.

Sambel pecel madiun Saqurma. Dok. Surya.co.id/ Rahadian Bagus Priambodo Sambel pecel madiun Saqurma.

"Saya pakai jenis Kurma Sukkari atau Kurma Raja. Menurut saya, rasanya paling mendekati gula merah," kata Elian.

Baca juga: Apa Itu Daun Bidara? Tanaman Herbal Berkhasiat Bisa buat Masakan

"Produk saya tidak pakai minyak sama sekali. Jadi kacangnya juga kacang oven, bahan lain disangrai," jelasnya.

Saqurma dijual dengan harga mulai Rp 11.000 - Rp 13.000 per 150 gram. Sambal pecel ini bisa dibeli melalui e-commerce atau nomor whatsapp yang tertera pada media sosial Saqurma.

Baca juga: Resep Pentol Corah, Cilok Tahu Pedas Khas Madiun

Konsumen Saqurma saat ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Malang, Surabaya, Jakarta, dan Jambi.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Saqurma, Sambal Pecel Berbahan Dasar Kurma Sebagai Pengganti Gula, Ada 3 PIlihan Rasa, 

https://surabaya.tribunnews.com/2021/02/19/saqurma-sambal-pecel-berbahan-dasar-kurma-sebagai-pengganti-gula-ada-3-pilihan-rasa?page=all

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Titis Jati Permata

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X