Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Risotto pada Tantangan MasterChef Indonesia, Nasi Creamy Khas Italia

Kompas.com - 19/12/2020, 18:25 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta 3 besar MasterChef Indonesia season 7 ditantang oleh Chef Vindex Tengker untuk membuat risotto tetapi dengan bumbu ala bubur tinutuan khas Manado dan jambal pada Sabtu (19/12/2020).

Sebelumnya, risotto beberapa kali dibuat oleh peserta MasterChef Indonesia seperti Audrey. Ia membuat risotto yang dicampur dengan uni atau sea urchin pada episode Sabtu (12/12/2020).

Baca juga: Resep Uni Risotto Seperti Buatan Peserta MasterChef Indonesia

Risotto sendiri adalah beras yang dimasak dengan berbagai bumbu dan bahan sehingga hasilnya creamy. Sajian ini berasal dari Italia.

Ilustrasi uni risotto, telur bulu babi dimasak jadi risotto ala Italia. SHUTTERSTOCK/ARTYART Ilustrasi uni risotto, telur bulu babi dimasak jadi risotto ala Italia.

Teknik masak risotto unik

Mengutip Taste of Home, risotto dimasak perlahan dengan menambahkan 1/2 cangkir air secara berkala. Tidak langsung memasukkan semua takaran air secara bersamaan.

Teknik tersebut berbeda dengan resep sajian dari beras lainnya yang biasanya direbus dalam sepanci air sampai matang.

Cara masak risotto membuat nasi melepaskan pati sehingga menghasilkan saus alami yang kaya rasa dengan tekstur nasi agak al dente.

Ilustrasi beras arborio khas Italia yang biasa dimasak jadi risotto. SHUTTERSTOCK/KATARZYNA HUROVA Ilustrasi beras arborio khas Italia yang biasa dimasak jadi risotto.

Risotto pakai beras berpati tinggi

Beras Italia arborio, carnaroli, atau vialone nano adalah 3 jenis beras yang biasanya dipakai untuk membuat risotto, seperti dilansir dari Allrecipes. Beras tersebut mengandung pati yang tinggi dan bijinya pendek.

Selain itu, ketiga beras tersebut dapat menyerap cukup banyak cairan tanpa menjadi lembek.

Tidak disarankan untuk membuat risotto menggunakan beras berbiji panjang seperti basmati atau beras jasmine. Hasilnya akan mengembang dan nasinya tidak bisa menggumpal seperti tekstur risotto yang seharusnya.

Kalau tidak bisa mendapatkan beras Italia, cari beras yang mengandung pati tinggi dan bijinya pendek misalnya beras coklat.

Ilustrasi koki menambahkan white wine ke risotto. SHUTTERSTOCK/KONDOR83 Ilustrasi koki menambahkan white wine ke risotto.

Pati beras bikin tekstur risotto creamy

Risotto biasanya juga menggunakan bawang bombai atau bawang merah yang ditumis dengan mentega, dry white wine, kaldu panas, sayuran atau jamur, dan keju.

Kamu juga dapat membuat risotto versi ramah vegetarian, tidak usah menggunakan mentega dan keju.

Tekstur creamy dari risotto bukan berasal dari penggunaan produk susu melainkan pati dari beras yang dimasak perlahan.

Salah satu trik membuat risotto adalah menggunakan kaldu panas atau hangat. Pasalnya, kaldu yang sudah dingin membuat risotto matang lebih lama dan membuat pati terserap.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com