15 Oleh-oleh Khas Trenggalek Selain Alen-alen, Ada Sale Pisang dan Ikan Bakar

Kompas.com - 24/11/2020, 22:25 WIB
Ilustrasi alen-alen, oleh-oleh Trenggalek. SHUTTERSTOCK/AVELYNIlustrasi alen-alen, oleh-oleh Trenggalek.

KOMPAS.com – Trenggalek bukan hanya dikenal akan keindahan pantainya, melainkan juga beragam kuliner khasnya.

Makanan khas Trenggalek mulai dari camilan sampai makanan berat bisa dijadikan oleh-oleh selepas berkunjung ke sini. Kamu dapat membeli camilan khas Trenggalek di pusat oleh-oleh di Kelurahan Ngantru.

Berikut ini ada 15 oleh-oleh dari Trenggalek, Jawa Timur.

Baca juga: 15 Oleh-oleh Kekinian di Joglosemar, Cokelat Aneka Rasa sampai Mochi

1. Alen-alen

Kudapan ringan satu ini merupakan camilan kering berbentuk bulat seperti cincin berwarna kuning.

Bahan utama dari alen-alen adalah pati singkong yang dicampur dengan bumbu dan rempah seperti kunyit, ketumbar, dan bawang putih. Bahan ini membuat rasa alen-alen menjadi gurih dan teksturnya renyah.

Alen-alen sudah dikenal sebagai oleh-oleh dari Trenggalek, jangan lupa untuk mencobanya.

2. Sego gegok

Ilustrasi sego gegok khas Trenggalek. SHUTTERSTOCK/ROELS-27 Ilustrasi sego gegok khas Trenggalek.

Sego gegok merupakan kuliner khas Trenggalek yang berbahan utama nasi, sesuai dengan namanya “sego” yang berarti nasi.

Sego gegok terdiri dari nasi setengah matang yang dilengkapi dengan sambal teri kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus untuk mematangkannya.

Porsi sego gegok adalah porsi nasi kecil-kecil mirip dengan nasi kucing dari Yogyakarta. Pusat sego gegok ada di Kecamatan Bendungan, di pinggir jalan sejumlah warung menjajakannya.

Sego gegok bisa dijadikan oleh-oleh khas Trenggalek karena nasi ini cukup tahan dibawa perjalanan jauh, setiba di tempat tujuan sego gegok bisa dikukus sendiri di rumah.

3. Manco

Manco adalah kue kering yang mirip seperti balok-balok kecil, segitiga atau bulat dengan balutan wijen di luarnya. Kue ini mempunyai rasa yang renyah, lengket, dan legit.

Ada dua macam kue manco Trenggalek, yaitu manco wijen dan manco ketan. Bahan baku utama dari kue manco menggunakan tepung ketan.

Tepung ketan dibuat menjadi adonan kemudian digoreng. Setelah digoreng, manco dibalut dengan gula merah dan diberi wijen.

Jenis manco ketan, biasanya berbentuk seperti tabung dengan rongga dibagian tengahnya dan pada rongga tersebut diberi lapisan kroto.

4. Keripik tempe

Keripik tempe bisa dibilang merupakan ikon oleh-oleh khas Trenggalek. Para wisatawan yang berkunjung ke Trenggalek, biasanya membeli keripik tempe untuk oleh-oleh.

Keripik tempe sendiri terbuat dari tempe yang sengaja dicetak tipis dan dibelah dua kemudian dilapisi adonan tepung dan diberi irisan daun jeruk kemudian digoreng.

Keripik tempe khas Trenggalek dengan aroma daun jeruk dikemas di dalam wadah bambu dan siap dijadikan oleh-oleh. Sebagai pilihan, keripik tempe tersedia dalam dua varian rasa yaitu original dan pedas.

Pusat industri rumahan keripik tempe berada di Kelurahan Tamanan, tetapi kamu bisa membelinya juga di Ngantru.

5. Sale pisang

Ilustrasi sale pisang dari Trenggalek. SHUTTERSTOCK/MAHARANI AFIFAH Ilustrasi sale pisang dari Trenggalek.

Sale pisang adalah olahan pisang yang dikeringkan dengan cara diasap sehingga pisang terkaramelisasi. Rasa dari sale pisang adalah manis karamel dengan aroma asap yang enak.

Bentuk sale pisang yang di Trenggalek ada yang berupa gulungan maupun memanjang.

6. Keripik tempe sagu

Ilustrasi keripik tempe sagu. SHUTTERSTOCK/KRISTANTI Ilustrasi keripik tempe sagu.

Keripik tempe sagu adalah variasi dari keripik tempek khas Trenggalek yang jadi oleh-oleh primadona kota ini.

Bedanya, kedelai yang akan dibuat tempe untuk keripiknya, perlu dicampur dengan sagu terlebih dahulu.

Kemudian campuran kedelai dan sagu diberi ragi tempe untuk dibiarkan berubah menjadi tempe. Hasilnya, keripik tempe sagu terlihat seperti busa. Rasanya sama enak dengan keripik tempe biasa.

7. Geti wijen

Ilustrasi enting geti. SHUTTERSTOCK/HASNIA Ilustrasi enting geti.

Geti wijen terbuat dari biji wijen dengan gula merah ditambah kacang tanah cincang. Geti wijen biasanya dikemas dalam bungkusan kecil yang pas untuk camilan ringan berukuran porsi kecil.

8. Keripik sale pisang

Ilustrasi keripik sale pisang. SHUTTERSTOCK/CAHYADI SUGI Ilustrasi keripik sale pisang.

Keripik sale pisang pisang terbuat dari pisang yang dikeringkan di bawah sinar matahari atau di atas tungku asap.

Pisang mengering kemudian di lapisi dengan adonan tepung dan digoreng. Rasa pisang akan lebih manis karamel dan agak gurih dari lapisan tepungnya.

9. Ikan asap

Ilustrasi ikan asap dari Trenggalek. SHUTTERSTOCK/AHMAD SAIFULLOH Ilustrasi ikan asap dari Trenggalek.

Ikan asap khas Trenggalek biasanya dari tuna, tongkol, layur, dan ikan laut yang biasa ditemukan di area Prigi.

Jika ingin menjadikan ikan bakar Trenggalek untuk oleh-oleh, kamu bisa mendapatkannya di daerah sekitaran pantai. Selain ikan, ada pula seafood bakar lain yang dijual, seperti cumi-cumi.

Kamu juga bisa menemukan ikan asap di Krandekan, Kecamatan Gandusari.

10. Semprong

Oleh-oleh khas Trenggalek bernama semprong pasti tidak asing didengar. Semprong adalah kue kering berbahan dasar adonan tepung beras yang mempunyai rasa manis gurih.

Semprong bisa memiliki bentuk bermacam-macam di pasaran namun semprong yang menjadi khas Trenggalek mempunyai bentuk gulungan memanjang. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X