Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Oleh-oleh Kekinian di Joglosemar, Cokelat Aneka Rasa sampai Mochi

Kompas.com - 10/11/2020, 12:12 WIB
Nine Fridayani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Joglosemar atau singkatan dari Jogja (Yogyakarta), Solo, Semarang merupakan tiga kota di Jawa yang jadi tempat favorit untuk wisata kuliner.

Selain makanan tradisional, ada pula makanan kekinian yang boleh dicoba untuk buah tangan. Ada apa saja?

Baca juga: 5 Donat Kekinian di Yogyakarta, Jual Donat Kentang sampai Premium Artisan

1. Cokelat Monnier

Cokelat monier bisa dibilang adalah oleh-oleh cokelat kekinian khas Yogyakarta dengan ragam pilihan rasa dan aroma.

Di sini aneka cokelat yang tersedia mulai dari cokelat dengan kadar kakao yang tinggi hingga cokelat dengan rasa unik diisi cabai.

Menurut info yang didapat, konon bahan baku yang digunakan untuk cokelat monnier berasal dari Yogyakarta, dari bahan cokelatnya hingga tentu tempat produksinya sendiri.

Bahan baku kakaonya diambil dari Kulon Progo, kacang mete dari Wonogiri dan produksinya dilakukan di Yogyakarta. Produksi cokelat monnier dilakukan secara terbatas jadi produk ini sangat unik untuk dijadikan oleh-oleh. 

2. Gudeg Kalengan

Ilustrasi nasi gudeg khas Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/ARIYANI TEDJO Ilustrasi nasi gudeg khas Yogyakarta.

Gudeg makanan khas Yogyakarta yang mana selalu dicari oleh para wisatawan kini sudah bisa dijadikan oleh-oleh. Pasalnya selama ini banyak yang khawatir gudeg akan basi atau rusak jika dibawa jauh.

Makanan tradisional ini mulai dikembangkan menjadi bentuk yang modern, melalui pengemasannya. Gudeg dikemas di dalam kaleng kecil agar bisa lebih tahan lama disimpan.

Sekarang, kalau mau membawa gudeg khas Yogyakarta tidak perlu khawatir basi lagi. Aneka varian gudeg kalengan yang dijual juga lengkap, ada gudeg original, gudeg pedas, gudeg blondo dan gudeg rendang.

Baca juga: 8 Tempat Makan Gudeg di Yogyakarta, dari Mbah Lindu sampai Yu Djum

3. Cokelat Monggo

Yogyakarta juga memiliki oleh-oleh kekinian yang pasti ini akan jadi favorit keluarga, ada cokelat monggo.

Cokelat monggo dibuat dari biji cokelat berkualitas dari Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Pemilik usaha cokelat monggo ini berasal dari Belgia, meski begitu dalam produk usahanya tetap terdapat unsur-unsur khas Yogyakarta.

Hal ini bisa dilihat dari penamaan monggo yang diambil dari bahasa Jawa serta pada kemasannya yang bergambar wayang. Cokelat monggo akan menjadi oleh-oleh yang tahan lama untuk dibawa pulang.

Baca juga: Resep Kue Cokelat Rice Cooker, Cara Gampang Bikin Cake Ulang Tahun

4. Solo Pluffy

Solo Pluffy adalah produk kue kekinian milik selebriti Indonesia, Jessica Mila. Brand kue milik seleb belakangan memang sedang tren dan menjamur di beberapa kota besar, termasuk Solo.

Solo pluffy sendiri adalah kue lembut dengan varian rasa kekinian yang mulai dilirik wisatawan sebagai oleh-oleh dari Solo. Sebagai oleh-oleh, kue ini cukup tahan lama, terlebih jika disimpan di kulkas.

5. Oseng-Oseng Mercon Kalengan

Ilustrasi oseng-oseng mercon khas Yogyakarta. SHUTTERSTOCK/PUJISLAB Ilustrasi oseng-oseng mercon khas Yogyakarta.

Oseng-oseng mercon juga salah satu kuliner khas Yogyakarta yang banyak penggemarnya. Kuliner daging dengan rasa pedas yang dominan ini dijajakan oleh pedagang kaki lima dimana biasanya menjadi tempat persinggahan makan.

Namun, kini oseng-oseng mercon sudah bisa dijadikan oleh-oleh pula. Kuliner ini sudah tersedia dalam bentuk kemasan kalengan seperi gudeng kalengan.

Cara pengemasan demikian, memungkinkan kuliner pedas dari Yogyakarta ini bisa dibawa bepergian jauh karena tidak akan cepat basi. 

Baca juga: Resep Oseng Mercon Khas Yogyakarta, Pakai Tetelan dan Otot Sapi

6. Solo Prabu

Bentuknya adalah produk patiseri atau kue kontinental dengan varian rasa yang kekinian seperti topping krim dan cokelat. Penyajian produk solo prabu sangat menarik dan bisa mengundang minat untuk membelinya.

Meski mengadaptasi kue eropa,namun dalam penamaannya kue ini menggunakan nama dari tokoh pewayangan Solo tepatnya Pandawa Lima. Kue ini juga masuk dalam daftar oleh-oleh kekinian solo.

7. Solo Floss Roll

Abon terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Solo. Sebagai inovasi, abon kini sudah diubah menjadi produk baru. Abon khas solo dikombinasikan dengan roti gulung.

Kudapan roti ini mengkombinasikan rasa manis dan gurih abon dengan tekstur roti nan lembut.

Produk roti abon ini bernama floss roll dan banyak orang menyebut oleh-oleh kekinian Solo satu ini dengan abon gulung khas Solo.

Tersedia beberapa varian rasa yang enak-enak dari produk ini, original hingga pedas. Solo floss roll bisa jadi pilihan oleh-oleh kekinian dari Solo.

Baca juga: Resep Roti Abon Gulung ala Bakery, Camilan Keluarga yang Bisa Dijual

8. Solovely

Oleh-oleh kekinian dari Solo satu ini adalah produk-produk kue pastry milik artis Indonesia, yaitu Desta dan Natasha Rizky. Oleh-oleh kekinian ini hadir di Solo sejak tahun 2018.

Produk utama dari Solovely adalah kue puff pastry dengan beragam pilihan yang modern. Baru-baru ini Solovely mengeluarkan produk baru bernama serabi cup.

Hidangan serabi milik Solovely dikemas di dalam cup sehingga bentuknya mirip seperti cupcake. Kamu juga bisa menemukan oleh-oleh tradisional juga di kedai milik Desta ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com