Kompas.com - 23/11/2020, 09:11 WIB
Gunbam atau roasted chestnuts atau kacang kastanye panggang khas Korea Selatan ShutterstockGunbam atau roasted chestnuts atau kacang kastanye panggang khas Korea Selatan

KOMPAS.com - Pada MasterChef Season 7 episode Minggu (22/11 2020) pada tantangan Pressure Test peserta diwajibkan untuk mengolah chestnut.

Baca juga: Faiz MasterChef Indonesia Bikin Chestnut Panna Cotta, Contek Resep Ini

Jenis kacang ini memiliki kulit yang lebih tebal rasa yang lebih lebih manis dari jenis kacang lainnya. Kacang yang juga disebut kastanye, jika dipanggang akan memiliki tekstur kenyal dan renyah.

Kacang satu ini terbiang cukup sulit dibuka dari cangkangnya. Ada beberapa teknik yang harus dilakukan untuk membuka kacang ini dari cangkangnya.

Kacang ini juga memiliki isi yang lebih besar daripada kacang pada umumnya.

Melansir BBC goodfood, ada beberapa langkah dalam membuka chestnut

1. Mengupas cangkang chestnut

Saat kamu hendak mengupas kacang ini lebih baik perhatikan beberapa tekniknya. Kamu bisa memasak kacang terlebih dahulu supaya mudah dikupas.

Pertama gunakan oven, caranya panaskan oven hingga suhu 180 derajat Celcius. Letakkan chestnut pada sisi yang rata dan dengan pisau, buat irisan panjang melintang pada cangkang. 

2. Panggang selama 30 menit

Jika permukaan cangkang chestnut sudah sedikit dipotong maka letakan pada panganngan.

Baca juga: Cara Membuat Cokelat Ganache agar Tidak Gagal Seperti Punya Adit MasterChef Indonesia

Panggang dalam oven selama sekitar 30 menit atau sampai kulitnya terbuka. Kacang ini akan sangat panas, jadi biarkan di dalam loyang jika sudah matang.

3. Dinginkan dan lepaskan cangkangnya

Setelah cukup dingin untuk dipegang, kupas cangkang chestnut. Lalu keluarkan selaput cokelat bagian dalam kacang dan bersihkan. Sajikan segera atau sisihkan utntuk ditambahkan ke masakan. 

Chestnut yang dipanggang dalam oven adalah cara terbaik untuk mengeluarkan rasa khas dari kacang ini.  Selain dipanggang, chestnut juga bisa direbus untuk memberikan tekstur yang halus untuk dimasak dalam sup.

Baca juga: Contek Resep Kuskus agar Fluffy seperti Masakan Becca MasterChef Indonesia

Caranya, persiapkan dengan cara yang sama seperti langkah pertama lalu rebus selama 30 menit alih-alih dipanggang. Kupas, lalu potong atau haluskan sesuai kebutuhan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X