Cara Masak Ayam Pakai Teflon Biar Matang, Belajar dari Peserta MasterChef Indonesia

Kompas.com - 23/11/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi ayam rebus utuh. SHUTTERSTOCK/JIANG HONGYANIlustrasi ayam rebus utuh.

KOMPAS.com - Dalam tantangan opor ayam ala Chef Renatta di galeri MasterChef Indonesia season 7 episode Minggu (22/11/2020), 4 dari 6 peserta melakukan kesalahan fatal yaitu ayam tidak matang.

Daging ayam yang tidak matang bisa mengakibatkan ganguan kesehatan hingga keracunan bagi para penikmatnya. Melansir salah satu artikel Kompas.com, menjabarkan bahaya memakan daging tidak matang.

Baca juga: Resep Opor Ayam Spesial ala Chef Renatta MasterChef Indonesia

Bahaya makan daging ayam mentah

Memakan ayam mentah akan meningkatkan risiko berkembangnya bakteri Salmonella dan Campylobacter pada tubuh.

Namun, beberapa orang bisa saja mengalami komplikasi yang lebih serius seperti gagal ginjal, radang sendi kronis, dan kerusakan otak dan saraf. Jika kamu sengaja dan menyepelekan makan ayam mentah, hal itu sama sekali tidak sebanding dengan risikonya.

Setelah kamu makan ayam mentah, yang dapat mengandung bakteri penyebab keracunan, tubuh akan melakukan respons kekebalan.

Pada dasarnya, sel-sel khusus dalam tubuh  akan melawan bakteri tersebut dan membunuhnya lalu mencoba mencegahnya berkembang biak atau menyebarkan racun berbahaya.

Ilustrasi ayam kukus dengan taburan daun bawang dan jahe. SHUTTERSTOCK/JREIKA Ilustrasi ayam kukus dengan taburan daun bawang dan jahe.

Gejala penyakit keracunan makanan dapat bervariasi, tetapi biasanya bisa terlihat dari mual, kram perut, diare, muntah dan dehidrasi.

Kamu bisa menghindari resiko keracunan makan daging ayam mentah dengan cara memasaknya hingga matang.

Melansir Better Homes & Garden dan The Kitchn, ada beberapa cara memasak ayam dengan sempurna.

Cara memasak dada ayam

Dada ayam yang dimasak dengan teknik pan-seared, bisa dimasak dengan sedikit minyak dengan bumbu seperti garam, merica dan ditambah dengan mentega yang banyak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X