Perayaan Diwali di India, Berikut 7 Makanan Ringan Khasnya

Kompas.com - 14/11/2020, 10:35 WIB
Ilustrasi chakali, makanan khas Diwali di India. SHUTTERSTOCK/ASMIPHOTOSHOPIlustrasi chakali, makanan khas Diwali di India.

KOMPAS.com - Puncak perayaan Diwali jatuh pada 14 November 2020. Perayaan Diwali, Deepavali, atau Dipavali dirayakan umat Hindu India, Sikh, dan Jainisme.

Festival ini terkenal dengan sebutan festival cahaya yang berlangsung selama 5 hari. Selayaknya festival, Diwali juga diwarnai aneka camilan dan makanan.

Melansir Times of India makanan yang ada di perayaan Diwali begitu beragam, berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: Sejarah Beras di Indonesia, Berasal dari Pedagang China dan India

1. Chakali

Chakali atau Murukku merupakan makanan berbentuk melingkar dan meyerupai jajanan jajanan Betawi akar kelapa.

Namun sajian ini berbentuk melingkar dan tekturnya keras. Chakali mempunyai rasa gurih dan bagian permukaannya tampak berduri dan tajam.

Sajian ini seperti menggambarkan percikan api di bagian permukaanya. Warnanya kuning keemasan dan rasanya ada manis, asin dan sedikit gurih dari jintan.

2. Paneer Tikka

Ilustrasi paneer tikka, makanan khas Diwali di India. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGEFACTORYCOM Ilustrasi paneer tikka, makanan khas Diwali di India.

Paneer Tikka adalah sajian dari keju paneer yang direndam di dalam campuran rempah-rempah khas India. Setelah direndam sajian ini kemudian dipanggang.

Sajian ini memiliki rasa pedas dari rendaman rempah-rempah yang menyelimuti paneer. Tekstur paneet yang lembut pasti akan memanjakan lidahmu.

3. Namak Para

Ilustrasi namak para, makanan khas Diwali di India. SHUTTERSTOCK/PICTURE PARTNERS Ilustrasi namak para, makanan khas Diwali di India.

Namak para adalah salah satu sajian wajib dari perayaan Diwali. Kudapan yang menyerupai kripik ini memiliki rasa yang gurih dan terbuat dari campuran tepung gandum, mentega, dan rempah-rempah lainnya.

Sajian ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Namak para terbaik jika disantap dengan secangkir teh panas.

Camilan renyah dan gurih ini dibuat dengan beberapa bahan khas India seperti tepung gandum utuh, refined, atau Semolina, jintan putih, ajwain, dan minyak samin.

4. Moong dal halwa

Ilustrasi moong dal halwa, makanan khas Diwali di India. SHUTTERSTOCK/DEEPAK BISHNOI Ilustrasi moong dal halwa, makanan khas Diwali di India.

Moong dal halwa adalah hidangan manis klasik India yang dibuat dengan miju-miju, gula, ghee, dan bubuk kapulaga.

Moong dal halwa rasanya tidak hanya lezat melainkan juga aromatik dan bisa menjadi hidangan penutup diperayaan diwali.

Moong dal halwa memiliki tekstur yang lembut, seperti selai dan memiliki rasa rempah yang kuat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X