Kompas.com - 06/10/2020, 10:10 WIB
Iilustrasi daging sapi. Dok. Shutterstock/Ilia NesolenyiIilustrasi daging sapi.

KOMPAS.com - Steak buatan restoran di Indonesia biasanya menggunakan daging sapi dari Australia dan Amerika Serikat (Amerika). Daging sapi Australia mempunyai sejumlah perbedaan dengan daging sapi Amerika.

Melansir Kompas.com, harga daging sapi dari Amerika lebih mahal daripada Australia. Walaupun begitu, masyarakat Indonesia sejak lama menyukai daging sapi Amerika. Terutama bagi kalangan yang mempunyai daya beli lebih.

Baca juga: Daging Sapi AS dan Australia, Mana Lebih Enak?

Selain harga, terdapat segi lain yang membedakan daging sapi Australia dengan Amerika.

1. Pakan sapi pengaruhi tekstur daging

Ilustrasi sapi Australia di padang rumput. SHUTTERSTOCK/SHERJACA Ilustrasi sapi Australia di padang rumput.

Sapi dari Amerika diberi makan biji-bijian seperti jagung dan kedelai. Daging sapi jenis ini disebut grain-fed beef. Berkat pakannya, tekstur daging sapi Amerika lebih lembut dan berlemak.

Apabila kamu penggemar steak juicy dan lembut, maka dapat mencoba daging sapi Amerika.

Sementara itu, sapi Australia diberi makan campuran antara rumput dan biji-bijian. Sehingga tekstur daging sapinya lebih bertekstur dan berlemak.

Sapi Australia juga ada yang diberi makan biji-bijian saja (grain fed) dan rumput saja (grass fed), seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Bedanya Daging dari Sapi yang Makan Rumput dengan Biji, Enak Mana?

Warna daging dari sapi yang makan rumput lebih merah tua (deep red). Sementara daging dari sapi yang makan biji-bijian cenderung memiliki corak marbling yang memenuhi tekstur daging.

2. Sistem penilaian daging

Ilustrasi beragam potongan daging sapi. SHUTTERSTOCK/NATALIA LISOVSKAYA Ilustrasi beragam potongan daging sapi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X