Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Daging dari Sapi yang Makan Rumput dengan Biji, Enak Mana?

Kompas.com - 31/08/2020, 18:08 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Daging sapi Australia berasal dari sapi grass fed dan grain fed. Daging grass fed diperoleh dari sapi yang makan rumput, sedangkan grain fed dari sapi yang makan biji.

Baca juga: 3 Alasan Kualitas Daging Sapi Australia Terkenal di Dunia

Chef Chandra Yudasswara menjelaskan perbedaan daging grain fed dan grass fed pada peluncuran Kampanye #BeefUp dari Meat and Livestock Australia (MLA), Kamis (27/8/2020).

“Daging sapi ini sama-sama sirloin, tapi yang satu grain fed dan yang satu lagi grass fed. Sangat banyak perbedaan di dalamnya,” papar Chef Chandra Yudasswara.

Ia menjelaskan dari segi komposisi, warna grass fed warnanya lebih deep red, kalau grain fed bisa terlihat corak marbling yang memenuhi tekstur dari dagingnya.

Perbedaan utama juta terletak pada rasa. Ketika dicoba akan terasa perbedaan rasa daging dan lemak pada kedua daging ini.

“Kalau ditanya mana yang lebih enak itu juga tergantung selera, kalau soal nutrisi kurang lebih sama,” jelas Chef Chandra Yudasswara.

Setelah dimasak, daging grain fed akan memiliki tekstur marbling yang sangat terlihat, kemudian warnanya lebih soft.

Sementara grass fed, komposisi dagingnya hampir tak terlihat marbel yang mengisi ruang daging.

Berbicara mengenai kualitas daging sapi Australia, David Carew selaku Supply Chain Technical Specialist Meat & Livestock Australia memaparkan bahwa kualitas baik dari daging Australia juga berasal dari pemberian biji-bijian sebagai pangannya.

Baca juga: Kampanye Daging Sapi Autralia Dimulai di Indonesia, Ini Rangkaian Kegiatannya

“Sistem keamanan pangan, jaminan kualitas, dan keterlacakan dari peternakan ke piring yang komprehensif merupakan integritas industri daging merah Australia,” ujar David Carew.

"Ternak dibesarkan di padang rumput alami dan industri daging merah Australia memanfaatkan sistem pakan rumput dan biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan konsumen," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com