Cara Pelihara Ayam Organik, Hasilkan Daging Berkualitas

Kompas.com - 19/09/2020, 20:28 WIB
Ilustrasi daging ayam organik. SHUTTERSTOCK/NATALI_PLOSKAYAIlustrasi daging ayam organik.

KOMPAS.com - Ayam organik dikenal mempunyai daging yang lebih berkualitas. Hal ini terlihat dari cara memelihara ayam organik yang sangat berbeda dengan ayam broiler maupun kampung.

Baca juga: Kenapa Daging Ayam Tidak Boleh Dimakan Mentah?

Natural Poultry sebagai salah satu perusahaan ternak ayam yang memasarkan ayam probiotik herbal menjelaskan pemeliharaan ayam organik.

Hal tersebut disampaikan pada sesi  ACP EDUCATIONAL WEBINAR SERIES bertajuk ORGANIC QUALITY CHICKEN AND BENEFIT OF THE MEAT, Kamis (17/9/2020).

Gunakan konsep ASUH

“Kita menggunakan konsep ASUH, konsep ini dari Dirjen Perternakan Kementerian Pertanian yang mengatur semua peredaran daging di Indonesia. Jadi standar ini harus dipakai,” jelas Brand Manager Natural Poultry Indonesia Wisnu Putra.

ASUH adalah singkatan dari aman, sehat, utuh, dan halal. ASUH menggambarkan kondisi daging ayam organik.

Daging ayam organik aman berarti tak mengandung bibit penyakit, bahan kimia, dan atau obat-obatan.

Daging juga mengandung zat bergizi yang berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan. Selanjutnya, daging ayam organik tidak dicampur dengan bagian lain dari hewan lain.

Terakhir, daging ayam organik dipotong dan ditangani sesuai dengan syariat agama Islam.

Ilustrasi ayam organik sehat. SHUTTERSTOCK/GOODBISHOP Ilustrasi ayam organik sehat.

Ayam organik diberi jamu dan probiotik

 

Kualitas organik ayam dimulai sejak awal pemeliharaan, tepatnya saat telur menetas. Ayam organik dari Natural Poultry bebas antibiotik, obat kimia sintetis, dan hormon pertumbuhan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X