Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2020, 20:08 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Biasanya ada dua jenis telur ayam yang populer di pasaran. Telur ayam kampung dan telur ayam negeri atau ayam ras.

Baca juga: Bedanya Telur Bebek dengan Telur Ayam Kampung dan Ayam Ras

Kedua jenis telur ini cukup berbeda. Baik dari segi fisik cangkang, fisik putih dan kuningnya, juga nutrisi yang dikandung.

1. Perbedaan fisik cangkang

Dari cangkangnya kamu bisa membedakan dengan mudah telur ayam negeri dan telur ayam kampung. Dilansir dari Kompas.com, telur ayam kampung punya ukuran yang lebih kecil dengan berat rata-rata 27-56 gram per butirnya.

Baca juga: Berapa Lama Telur Dapat Disimpan?

Sedangkan telur ayam negeri ukurannya lebih besar. Warnanya pun berbeda. Telur ayam kampung memiliki warna putih cenderung krem. Sementara telur ayam negeri punya warna yang kecoklatan.

Cangkangnya pun sedikit berbeda. Telur ayam kampung cangkangnya cenderung lebih halus daripada telur ayam negeri. Sementara telur ayam negeri jika diraba akan sedikit lebih kasar.

Ilustrasi telur ayamKOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Ilustrasi telur ayam

2. Perbedaan putih dan kuning telur

Jika dilihat dari putih dan kuningnya, telur ayam kampung punya warna kuning yang lebih oranye daripada telur ayam negeri. Sementara telur ayam negeri warna kuningnya lebih cerah.

“Kadar airnya agak berbeda. Ayam ras kadar airnya lebih tinggi sehingga lebih encer putih telurnya. Kalau ayam kampung itu putihnya lebih kental sehingga kalau direbus jadi lebih keras,” jelas Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB kepada Kompas.com, Kamis (3/9/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com