Cara Benar Bersihkan Bak Cuci Piring agar Bersih, Kesat, dan Bersinar

Kompas.com - 05/09/2020, 10:13 WIB
bak cuci piring PIXABAY/SAMUELMWANGATIbak cuci piring

KOMPAS.com – Apa bahan yang kamu gunakan untuk membersihkan bak cuci piring?

Sebagian orang mungkin masih menggunakan sabun cuci piring sebagai bahan pembersih tempat cucian piring di rumah.

Namun menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan bak cuci piring terbilang boros dan tak efektif. Terkadang bak cuci piring masih licin dan berminyak. 

Di bawah ini adalah bahan-bahan untuk membersihakan bak cuci piring beserta langkah-langkah membersihkan baknya.

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Alat dan bahan yang dibutuhkan berikut ini mungkin sudah kamu miliki di dapur. Melansir Reader’s Deagest, kamu hanya butuh kain lap, spons, botol semprotan, bubuk soda kue, lemon atau jeruk nipis, cuka, minyak zaitun.

2. Kosongkan dan bilas bak cuci

Pertama, kosongkan bak cuci seluruhnya. Kemudian bilas bak secara menyeluruh dengan air panas, menggunakan penyemprot keran, jika ada.

3. Taburkan soda kue

Taburi bak basah dengan soda kue. Tutupi seluruh permukaan wastafel dengan lapisan tipis soda kue. Soda kue adalah bahan pembersih yang ampuh. Kamu juga bisa menggunakan soda kue yang mencapai batas kadaluarsa. 

4. Gosok bak cuci

Ilustrasi mencuci piring. PIXABAY/LATERJAY Ilustrasi mencuci piring.

Gunakan spons basah atau kain pembersih untuk menggosok bak cuci dengan soda kue. Gosok searah serat baja tahan karat, perhatikan area yang bernoda atau ada kotoran yang menempel.

Kamu bisa menambahkan sedikit air jika perlu. Air dan soda kue akan membentuk pasta yang berfungsi sebagai pembersih abrasif tetapi cukup lembut untuk tidak menggores permukaan baja tahan karat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X