Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Edible Flower Agar Tak Cepat Busuk

Kompas.com - 31/08/2020, 17:17 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ketika kamu membeli edible flower, mungkin kamu merasa perlu untuk mencucinya lagi untuk memastikan bunga benar-benar bersih sebelum diolah atau dimakan.

Baca juga: 16 Jenis Edible Flower di Indonesia, Bunga yang Bisa Dimakan

Namun ternyata, tak semua jenis edible flower baik untuk dicuci. Pasalnya, edible flower yang dikirimkan dari kebun biasanya sudah dalam kondisi bersih dan siap makan.

Mengirimkan edible flower yang bersih dan siap makan salah satunya dilakukan oleh Felia Kharissa.

Ia adalah Founder Harvest Mountain Organic Farm, sebuah kebun yang memproduksi aneka edible flower dan produk lainnya secara organik yang berlokasi di Cisarua, Puncak, Bogor, Jawa Barat

“Karena saya berusaha setiap pak yang saya jual ini ready to eat, siap dimakan. Pengepakan juga steril jadi enggak perlu dicuci atau dibersihkan lagi,” kata Felia yang akrab disapa Icha dalam seri ACP Educational Webinar Series From Farm to Table: Organic Edible Flower, Kamis (27/8/2020).

Baca juga: Cara Segarkan Edible Flower yang Sudah Layu, Jangan Dibuang

Ilustrasi pudding dengan isian berupa buah dan edible flowerShutterstock/bonchan Ilustrasi pudding dengan isian berupa buah dan edible flower

Namun jika kamu benar-benar ingin memastikan bunga yang akan kamu konsumsi benar-benar bersih, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Dicuci

Pertama, kamu bisa mencuci bunga tersebut. Namun tak semua bunga bisa kamu cuci. Hal itu bergantung pada penggunaan bunga nantinya.

Jika bunga tersebut akan diolah dalam sajian seperti nasi uduk menggunakan bunga telang, atau aneka puding dan jeli menggunakan bunga gomphrena, maka kamu bisa mencucinya.

“Bunga telang mau buat nasi uduk bisa dicuci. Jadi puding juga dicuci enggak apa-apa. Karena dia akan dibasahkan juga dengan agar-agar atau jeli nantinya,” jelas Icha.

Ilustrasi kue pernikahan yang didekorasi dengan bunga dahliaShutterstock/sebastiancaptures Ilustrasi kue pernikahan yang didekorasi dengan bunga dahlia

Dibersihkan dengan kuas

Hal berbeda berlaku jika kamu ingin menggunakan bunga untuk garnish atau hiasan dan sajian lain yang tak melibatkan pemasakan bunga dengan air. Misalnya untuk kue-kue kering.

Jika bunga dicuci, maka bunga akan luntur dan basah. Selain tak enak dilihat, bunga juga bisa cepat busuk jika dalam keadaan basah.

Alternatifnya, kamu bisa membersihkan bunga dengan kuas. Gunakan kuas berukuran kecil dengan bulu yang lembut agar kelopak bunga tidak rusak.

Icha mencontohkan membersihkan bunga nasturtium dengan kuas. Lakukan gerakan menyapu pada kelopak bunga secara perlahan, seperti membersihkan dengan kemoceng.

“Bersihkan di sekeliling kelopaknya bagian luar dan dalam. Terus misalnya pansy, gitu juga sama. Jangan ditekan, nanti kelopaknya lepas. Kalau lepas tidak bisa digunakan lagi,” tegas Icha.

“Pelan-pelan saja, ini cara paling ideal. Satu-satunya cara untuk memastikan bunga bersih,” pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com