Kompas.com - 06/09/2020, 12:09 WIB
Petani kopi di Bajawa, Flores. Dok. Shutterstock/ ariningrumssPetani kopi di Bajawa, Flores.

KUPANG, KOMPAS.com - Kopi Flores yang disajikan Labajo Flores Coffee dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), masuk dalam 100 besar food startup Indonesia.

Direktur Akses Pembiayaan Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Hanifah Makarim mengatakan, program FoodStartup Indonesia yang dilaksanakan sejak 2016 memberikan banyak manfaat kepada pelaku ekonomi kreatif kuliner. 

Baca juga: Mengukur Potensi Kopi Indonesia di Rusia

Khususnya pada pengembangan kapasitas pelaku, pemberian akses permodalan, dan pemasaran untuk pertumbuhan bisnis.

Labajo Flores Coffee berada di urutan 65 dari 100 peserta FoodStartup Indonesia.

"Saya berharap dengan terpilihnya kami di acara ini, maka kopi Flores khususnya kopi Manggarai akan semakin terkenal baik secara nasional maupun internasional," kata Founder Labajo Flores Coffee, Werry kepada Kompas.com Sabtu (5/9/2020).

Werry berharap kopi Flores dapat semakin terkenal seiring pariwisata di Labuan Bajo.

Labajo Flores Coffee lanjut Werry, menyediakan varian kopi unik yakni Kopi Yellow Caturra dan Juria dengan cita rasa berbeda dari arabika biasa lainnya.

Baca juga: Melihat Proses Bikin Kopi Luwak di Bandung, dari Olah Biji sampai Minum Kopi

"Yellow Caturra ini adalah satu varian yang unik. Kalau kopi arabika biasa kalau matang warnanya merah. Tapi ini kalau matang berwarna kuning. Orang Manggarai menyebutnya kopi kolombia," ucap Werry.

Ilutrasi tanaman kopi Yellow Caturra.Dok. Shutterstock/ 711PhotoTh Ilutrasi tanaman kopi Yellow Caturra.

Werry menjelaskan, kopi jenis Yellow Caturra memiliki cita rasa asam citrus dan ciri body medium serta smooth.

Sementara untuk kopi jenis Juria, hampir sama dengan Yellow Caturra, tetapi ada aroma floralnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X