11 Cara Keluarkan Kue yang Nempel di Loyang dengan Mulus

Kompas.com - 05/09/2020, 13:07 WIB
Ilustrasi membuat kue. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi membuat kue.

KOMPAS.com – Setelah bersusah payah mengadon kue dan memanggangnya, tantangan masih ada. Tantangan tersebut adalah mengeluarkan kue dari loyang dengan mulus.

Cukup sering ditemui kasus kue tidak bisa dikeluarkan dari loyang cetakan dan akhirnya kue terpaksa dikeluarkan dengan cara-cara “kasar”. Berakhir kue jadi hancur.

Ada 11 cara yang bisa membantu mengeluarkan kue dari loyang, agar kue yang sudah dibuat tidak hancur berantakan. Simak tips berikut. 

Baca juga: 3 Bahan Pengganti Butter untuk Bikin Kue dan Roti

1. Mendinginkan Kue

Melansir Baking Kneads, langkah pertama untuk mengeluarkan kue dari loyang adalah dengan membiarkan kue benar-benar dingin hingga mencapai suhu kamar.

Jika kue dikeluarkan dalam keadaan masih hangat, akan berisiko kue keluar dengan potongan yang masih menempel di loyang.

Sebagai cara pencegahannya, biarkan loyang dan kue dingin terlebih dahulu kurang lebih selama 30 menit atau lebih lama untuk kue yang lebih besar.

Saat sudah benar-benar dingin, kue siap dikeluarkan dari loyang.

2. Gunakan rak pendingin (cooling rack)

Menggunakan rak pendingin sangat disarankan untuk mendinginkan kue saat masih di dalam loyang.

Baca juga: Kenali 8 Jenis Loyang Kue, Panduan untuk Baking di Rumah

Rak pendingin akan memungkinkan udara mengalir di sekitar loyang, termasuk bagian bawahnya di mana sebagian besar kue menempel.

3. Dinginkan di lemari es

Jika kamu ingin waktu lebih singkat untuk mengeluarkan kue dari loyang, kamu bisa masukan kue di loyang ke dalam lemari es untuk mempercepat prosesnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X