Kompas.com - 17/07/2020, 11:09 WIB
Ilustrasi cendol. Dok. Shutterstock/Ketut MahendriIlustrasi cendol.

 

KOMPAS.com - “Cendol, dawet, cendol, dawet seger...” sepotong jargon dari lagu penyanyi Didi Kempot populer dikalangan sobat ambyar, penggemar karya Didi Kempot.

Lirik lagu cendol dawet dinikmati karena alunan irama yang menghibur. Namun minuman cendol dan dawet dinikmati karena kelezatannya.

Baca juga: Cara Bikin Es Cendol, Minuman Segar Teman Ngobrol di Rumah

Sekilas jika dilihat, cendol dan dawet ini tidak ada bedanya. Keduanya sama-sama dihidangkan dengan larutan gula merah sebagai pemanis dan diguyur dengan santan cair.

Namun ada beberapa perbedaan cendol dan dawet sebagai berikut:

1. Bahan baku

Perbedaan yang menonjol antara cendol dan dawet yakni bahan bakunya. Cendol dan dawet sama-sama terbuat dari tepung, tetapi meggunakan jenis tepung yang berbeda.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau dawet itu dari masa lalu, sebut dalam Kakawin Kresnayana, menggunakan bahan baku tepung beras," jelas Sejarawan Kuliner, Fadly Rahman kepada Kompas.com, Rabu (5/12/2018).

"Sementara sampingannya seperti santan dan cairan gula merah sudah umum dari dulu," lanjutnya.

Baca juga: Beda Fungsi Santan Kental dan Santan Encer, Simak Tips Berikut

Beda dengan dawet, cendol menggunakan tepung kacang hijau atau hunkwe.

Sumber lain dari buku "Bukan Sekedar Es Cendol dan Es Dawet Biasa", karya Dewi Untari, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, juga menjabarkan perbedaan cendol dawet.

Dawet hitam asli Purworejo dijajakan di Jalan DI Panjaitan Mantrijeron Kota Yogyakarta.Tribun Jogja/Ahmad Syarifudin Dawet hitam asli Purworejo dijajakan di Jalan DI Panjaitan Mantrijeron Kota Yogyakarta.

Cendol ada yang dibuat dari sagu aren, tepung beras, dan hunkwe. Sementara itu, dawet umumnya dibuat dari hunkwe dan tepung beras saja. Namun, biasanya dawet merupakan rebusan tepung beras.

Halaman:


Sumber Kompas.com
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X