Cara Tajamkan Pisau Pakai Batu Asahan, Supaya Lancar Potong Daging

Kompas.com - 12/07/2020, 10:10 WIB
Ilustrasi pisau diasah pakai batu asahan (whetstone). SHUTTERSTOCK/NOR GALIlustrasi pisau diasah pakai batu asahan (whetstone).

KOMPAS.com - Ketajaman pisau akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Sehingga pisau sebaiknya rutin diasah.

Pasalahnya, pisau tajam lebih aman daripada yang tumpul. Memakai pisau tumpul, kita harus mengiris dengan tenaga lebih yang bisa saja mengakibatkan pisau selip dan membahayakan.

 

Dewasa ini alat penajam pisau otomatis dapat dengan mudah dibeli secara offline maupun online. Namun, beberapa orang setia menggunakan batu asahan atau whetstone.

Bagaimana cara tepat mengasah pisau pakai batu asahan? The Spruce Eats menjelaskan tips berikut.

Persiapan sebelum mengasah

Sebelum mulai mengasah, siapkan dulu batu asahan dua sisi yakni halus dan kasar. Perlu diketahui bahwa tiap jenis pisau diperlukan derajat kemiringan yang berbeda, tetapi rata-rata sekitar 22 derajat.

Tak perlu menggunakan alat untuk mengukur kemiringan. Coba bayangkan, 90 derajat adalah posisi pisau lurus. Miringkan setengah yang menjadikannya 45 derajat, lalu miringkan lagi setengah. Itulah kira-kira 22 derajat.

Ilustrasi pisau diasah pakai batu asahan (whestone). SHUTTERSTOCK/ALENA TS Ilustrasi pisau diasah pakai batu asahan (whestone).

Whetstone kerap kali tertukar arti dengan waterstone, fungsi keduanya sama tetapi bahan dan penggunaannya berbeda.

Whetstone bisa terbuat dari batu alam maupun buatan. Beberapa batu asahan dapat digunakan dalam keadaan basah, lainnya tidak. Misalnya batu asahan sintetik, kalau direndam atau terlalu sering kena air maka akan cepat rusak.

Ketika dipakai mengasah, whestone sebaiknya dalam keadaan kering. Air maupun minyak dapat meluruhkan partikel metal kecil pada whestone, yang nantinya membuat tepi pisau lebih kasar daripada saat batu asahan kering.

Sementara waterstone yang terbuat dari batu alam, biasanya dari Jepang. Membasahi waterstone dapat melarutkan batu yang dapat menghasilkan lumpur berpasir untuk membantu mengasah pisau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X