Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindarkan Bagian Atas Kulkas dari Debu, Ini Caranya...

Kompas.com - 12/07/2020, 14:14 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber The Kitchn

KOMPAS.com - Bukan hanya bahan dan alat masak, furnitur di dapur pun harus terjaga kebersihannya. Apabila semua komponen di dapur bersih, bikin kegiatan masak lebih semangat.

Baca juga: 6 Peralatan Dapur yang Sebaiknya Dijemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu furnitur yang sebaiknya rutin dibersihkan adalah kulkas. Namun, tak jarang kita fokus pada bagian dalam kulkas.

Terkadang bagian kecil dan hampir tak terlihat menjadi sarang debu, termasuk bagian atas kulkas. Belum lagi kalau kulkasnya agak tinggi, susah dijangkau dan dibersihkan.

Tidak perlu khawatir, The Kitchn membagikan cara mudah membersihkan dan menghindarkan bagian atas kulkas dari debu. Seperti apa?

Ilustrasi wax paper atau kertas lilin untuk mengalasi bagian atas kulkas. SHUTTERSTOCK/VIKTOR1 Ilustrasi wax paper atau kertas lilin untuk mengalasi bagian atas kulkas.

Pakai kertas lilin

Cara mudah 'mengumpulkan' debu pada kulkas bagian atas adalah dengan memberinya alas. Coba pakai kertas lilin (wax paper).

Wax paper yang punya kemampuan menyerap minyak ini mampu menampung debu, tanpa membuatnya bertebaran.

Caranya, bersihkan dulu bagian atas kulkas secara menyeluruh. Letakkan selembar wax paper di atas kulkas. Kalau dirasa sudah kotor, tinggal gulung kertas dan buang saja. Barulah diganti dengan lapisan kertas baru.

Metode ini cenderung praktis, membersihkan debu dalam waktu singkat. Selain itu, tak membutuhkan kain lap dan cairan pembersih.

Ilustrasi setumpuk koran bekas, untuk alas bagian atas kulkas.SHUTTERSTOCK/JAUHIEN KRAJKO Ilustrasi setumpuk koran bekas, untuk alas bagian atas kulkas.

Bukan hanya wax paper, kamu juga bisa menggunakan parchment paper (kertas perkamen) atau kertas minyak untuk mengalasi bagian atas kulkas.

Tidak tersedia juga di rumah? Tenang saja, kertas koran bekas pun dapat dimanfaatkan sebagai alas.

Kertas koran tak dapat menyerap minyak, memungkinkan debu agak bertebaran. Namun, setidaknya debu dapat terkumpul dan cara membersihkannya pun sama dengan pemakaian wax paper.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com