Kompas.com - 18/06/2020, 13:41 WIB
Ilustrasi English muffin, roti tanpa rasa. Biasanya dijadikan sandwich dan dimakan saat sarapan. SHUTTERSTOCK/MARGOUILLAT PHOTOIlustrasi English muffin, roti tanpa rasa. Biasanya dijadikan sandwich dan dimakan saat sarapan.

KOMPAS.com - English muffin dan kue muffin, walaupun punya nama serupa tetapi keduanya sungguh berbeda.

Kalau kamu pernah makan Egg McMuffin dari McDonald's, roti yang dipakai itulah disebut English muffin.

Sementara itu, muffin adalah cake yang bentuknya hampir mirip dengan cupcake. Kue satu ini bisa juga disebut American muffin.

Baca juga: Resep Egg McMuffin dan Hash Brown ala McDonalds, Yuk Cobain

Berhubung keduanya merupakan jenis roti/ kue berbeda, tentu masing-masing punya ciri khas tersendiri, seperti dilansir dari The Simple Things.

Tekstur

American muffin punya tekstur layaknya cake pada umumnya, lembut dan spongy (elastis/ kenyal).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara English muffin yang berbahan dasar tepung semolina dan ragi kering, punya tekstur renyah di luar dan chewy di dalam.

Ilustrasi kue muffin cokelat dan vanila.  SHUTTERSTOCK/BEATS Ilustrasi kue muffin cokelat dan vanila.

Adonan dan cita rasa

Dari segi adonan, American muffin bisa dicampur dengan berbagai bahan seperti cokelat maupun vanila. Rasa akhirnya pun cenderung manis, walaupun bisa juga dibuat versi gurih.

American muffin ini biasanya dapat diberi beragam topping, misalnya saja chocolate chip dan atau sprinkle maupun frosting.

Sementara English muffin, adonannya murni berbahan dasar tepung semolina dan ragi kering. Mungkin bisa saja mencampur adonannya dengan bahan lain, tetapi namanya bukan lagi English Muffin.

Rasa English muffin ini cenderung gurih. Untuk menikmatinya, English muffin bisa dipanggang di atas wajan teflon, dibelah jadi dua, lalu diberi selai stroberi, cokelat, atau mentega saja. 

Baca juga: Resep Pizza Teflon Simple, Bisa Dibikin Bareng Anak

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.