Resep Egg McMuffin dan Hash Brown ala McDonald's, Yuk Cobain

Kompas.com - 18/06/2020, 12:33 WIB
Ilustrasi Egg McMuffin terdiri dari English Muffin, telur, bacon, dan keju. SHUTTERSTOCK/N KIlustrasi Egg McMuffin terdiri dari English Muffin, telur, bacon, dan keju.

KOMPAS.com - Egg McMuffin dan hash brown merupakan menu sarapan favorit di McDonald's. Kalau di Indonesia, kamu bisa mendapatkannya dari pukul 05.00-11.00 WIB.

Egg McMuffin resmi menjadi menu sarapan McDonald's pada tahun 1976-an. Sejak saat itu, sajian ini pun makin populer dan dilengkapi hash brown serta pancake.

Sandwich ini terdiri dari setangkap roti English muffin berisi telur mata sapi bulat sempurna, bacon Kanada, dan keju leleh Amerika.

Baca juga: Asal-usul Egg McMuffin, Awalnya Dianggap Ide Gila

Saking favoritnya, tak sedikit pelanggan yang ingin coba bikin sendiri Egg McMuffin plus hash brown. Menanggapi hal tersebut, McDonald's pun merilis resep Egg McMuffin, seperti dilansir dari INSIDER.

Ilustrasi Egg McMuffin dan hash brown. SHUTTERSTOCK/KHALED82 Ilustrasi Egg McMuffin dan hash brown.

Resep Egg McMuffin dan hash brown

Bahan

  • English muffin, belah jadi dua
  • 75 gram daging sosis (campuran daging untuk sosis), bisa diganti dengan daging cincang/ daging ayam asap
  • Telur
  • Keju lembaran
  • Kentang
  • Garam dan lada secukupnya
  • Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat Egg McMuffin dan hash brown

1. Panggang/ toast English muffin sampai warnanya coklat keemasan. Sisihkan.

2. Daging sosis/ daging cincang bumbui dengan garam dan lada. Bentuk bulat, pipihkan jadi bentuk patty. Panggang selama 6-7 menit pada kedua sisi, sampai matang. Sisihkan.

3. Pakai cetakan telur untuk hasil bulat sempurna. Letakkan cetakan pada wajan teflon, tuang air di luar cetakan. Didihkan air.

Pecahkan telur ke dalam cetakan. Tutup wajan. Masak 2-3 menit.

4. Tata Egg McMuffin. Isi English muffin dengan keju lembaran pada layer pertama, ditumpuk dengan patty dan telur.

5. Selanjutnya bikin hash brown. Parut kentang, masukkan dalam wadah. Campurkan dengan telur, bumbui garam dan lada. Bentuk adonan jadi pipih.

Panaskan wajan teflon, masukkan minyak sayur secukupnya. Masak adonan hash brown sampai warnanya coklat keemasan pada kedua sisi.

Egg McMuffin dan hash brown pun siap disantap selagi hangat.


Sumber INSIDER
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X