Tips Memulai Bisnis Makanan dan Minuman di Masa Pandemi

Kompas.com - 17/06/2020, 19:17 WIB
Ilustrasi makanan dan minuman Indonesia Dokumentasi Biro Komunikasi KemenparekrafIlustrasi makanan dan minuman Indonesia

JAKARTA,KOMPAS.com  - Nikmatnya dunia kuliner tidak hanya bisa dirasakan dari makanan, melainkan juga bisa dirasakan dari laba bisnis kuliner.

Kamu yang memiliki keinginan membuka bisnis makanan dan minuman (food & beverage), jangan kurungkan tekatmu. 

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Siomay Ayam Udang, Bisa Jualan Online

Dalam acara ACOM Webinar: Tips Bisnis F&B dan Demo Masak Online bagi Rekan Media dan Komunitas pada, Jumat (12/6/2020) disampaikan beberapa tips memulai bisnis kuliner.

"Paling utama pendekatan kita mau menunya seperti apa? Mungkin bisa ikuti yang lagi tren seperti tren kopi, lalu buka usaha kopi," jelas Business Development Director & Cooking Host Masak.tv, Alvin Maulana.

Kedua kamu juga bisa berangkat bedasarkan sesuatu yang baru yang belum ada, mungkin produk makanan atau minuman yang unik hasil kreasimu.

Baca juga: Panduan Makan di Restoran pada Era New Normal

Namun penentuan produk juga harus didukung dengan target pasarnya seperti apa.

Sebagai pelaku bisnis kamu harus membaca dan melihat apa yang dibutuhkan pasar, apa yang diinginkan pasar.

Naik tidaknya bisnis kuliner juga bergantung dari fenomena yang terjadi, contohnya tren salad saat ini.

Menurut Putra Siburian, Owner dari Salad Point ID mengatakan pada masa pandemi penjualan dari Salad Point ID terbilang naik.

Ilustrasi UMKM makanan dan minumanDokumentasi Biro Komunikasi Kemenparekraf Ilustrasi UMKM makanan dan minuman

"Kita lihat penjualannya lagi naik, karena gaya hidup sehat juga menjadi tren sat ini. Namun hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh bukan untuk diet," papar Putra.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X