4 Alat Masak yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Kamu Punya yang Mana?

Kompas.com - 13/06/2020, 20:26 WIB
Ilustrasi alat masak. ShutterstockIlustrasi alat masak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi perantau dan tinggal di kost, membuat anak kost pandai menemukan cara unik untuk mengolah makanan sendiri. Seperti masak nasi uduk pakai rice cooker maupun bikin roti bermodalkan panci.

Baca juga: Resep Roti Tawar Tanpa Oven, Cukup Pakai Panci

Namun walaupun hanya bermodal alat masak sederhana, anak kost tetap bisa masak beragam makanan.

Sebagai anak kost, setidaknya inilah 4 alat masak yang harus kamu punya.

1. Panci

Kalau tempat kost menyediakan kompor, maka kamu cuma perlu panci untuk membuat makanan sederhana. Juga tidak perlu bingung saat lapar tengah malam. Kamu bisa merebus mi instan maupun telur.

"Mayoritas tujuannya (alat masak) rata-rata hanya untuk memasak air dan membuat mie instan, karena kemungkinan besar kalau untuk memasak makanan rata-rata mereka lebih suka beli," ujar Travelling Chef Wira Hardiansyah kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Resep Es Krim Cokelat Tanpa Mixer, Cuma Pakai Tiga Bahan

Panci juga bisa menjadi sarana untuk bikin lauk sederhana seperti nugget dan sosis. Kamu juga bisa memasak air untuk membuat kopi saset, teh, atau sereal.

2. Rice cooker

Salah satu alat masak yang dikhususkan untuk menanak nasi ini sebenarnya bisa dan aman untuk bikin makanan lain seperti nasi goreng, oseng-oseng, dan makanan lainnya.

Baca juga: Masak Pakai Rice Cooker, Berikut Resep dan Cara Buat 10 Makanannya

"Aman (memasak di rice cooker) karena hanya dengan listrik, tapi kalau kebaret-beret yang rusak hanya bawahnya saja," papar Executive Chef at AMUZ Gourmet Restaurant. APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Selain nasi goreng kamu juga bisa membuat nasi uduk, nasi timbel, bahkan piza.

Ilustrasi masak nasi uduk dan nasi goreng pakai rice cooker. SHUTTERSTOCK/HONGCHANSTUDIO Ilustrasi masak nasi uduk dan nasi goreng pakai rice cooker.

 

Namun menurut Chef Wira memasak di rice cooker kurang efektif.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X