Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Simpan dan Hangatkan Kembali Sisa Teriyaki Rice Bowl

Kompas.com - 13/06/2020, 12:11 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Seringkali ketika kamu memasak, makanan tersebut tak habis dalam sekali makan. Akhirnya kamu harus menyimpannya agar bisa dimakan kembali di esok hari.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika menyimpan makanan yang sudah diolah sebelumnya.

Dalam sesi #MasakdiRumahAja yang tayang di Live Instagram @kompas.travel bersama Chef HARRIS Hotel Sentul City – Bogor, Yogie Putranto, ia menunjukkan cara membuat Teriyaki Rice Bowl.

Baca juga: Resep Praktis Teriyaki Rice Bowl, Sajian ala Jepang untuk Keluarga

Teriyaki Rice Bowl yang sudah diolah dan tidak habis dalam sekali makan juga ternyata bisa disimpan agar bisa dikonsumsi di lain hari.

Prosesnya, kata Yogie, setelah Teriyaki Rice Bowl matang, pisahkan lebih dahulu ke wadah yang berbeda jika sekiranya tak akan habis dimakan.

“Didinginkan, dibiarkan di luar jangan terlalu lama. Baru setelah dingin buru-buru kita bungkus dengan rapi tidak terkena udara. Baru masuk ke dalam chiller,” ujar Yogie ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Ilustrasi beef teriyakiShutterstock Ilustrasi beef teriyaki

Teriyaki Rice Bowl yang sudah masuk ke dalam chiller bisa tahan sampai dua hari. Selain di dalam chiller, kamu juga bisa menyimpannya di dalam freezer dan akan tahan sampai satu minggu.

Jika akan dimakan di lain hari, kamu tinggal memanaskannya di kompor. Jika kamu menyimpannya di freezer, jangan lupa untuk mencairkannya dahulu di dalam chiller

Baca juga: Resep Praktis Chicken Piccata Milenesse, Ide Menu Makan Malam

“Yang penting panas, harus mendidih. Kalau bisa api jangan terlalu besar, jadi panasnya itu merata. Kalau api besar nanti biasanya panasnya tidak akan merata dan akan cepat dinginnya lagi,” papar Chef Yogie.

Ada hal penting yang perlu diingat ketika kamu memutuskan untuk menyimpan makanan olahan di dalam freezer atau chiller. Yogie menyarankan untuk tidak menyimpan sayuran.

Baca juga: Berapa Lama Makanan Dapat Disimpan dalam Freezer? Berikut Daftarnya...

Dalam Teriyaki Rice Bowl ala Chef Yogie, ia menggunakan tumisan sayuran sebagai topping nasi dan daging teriyaki. Sayuran tersebut sebaiknya tidak ikut disimpan di dalam freezer atau chiller.

“Kalau sayuran gitu jangan dihangatkan sebaiknya. Sayuran lebih baik masaknya fresh. Bisa kita makan memang kalau dihangatkan tapi vitaminnya sudah enggak ada," kata Yogie.

"Kan sayang kalau kita makan hanya ada rasa, sugesti, dan kenyang saja,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com