Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Bedanya?

Kompas.com - 12/06/2020, 11:09 WIB
Ayam penyet cabe ijo di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta. Dok. Kedai Oma EvieAyam penyet cabe ijo di Kedai Oma Evie, Pademangan, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sajian ayam goreng di Indonesia ada banyak, yang paling terkenal belakangan adalah ayam geprek, ayam penyet, dan ayam gepuk.

Ketiganya memiliki persamaan yaitu sama-sama digoreng dan dipipihkan agar teksturnya lebih lembut. Tujuannya untuk memudahkan orang saat memakan.

Persamaan lain, ketiganya sama-sama di atas potongan ayam, dilumuri sambal.

Baca juga: Mengenal Geprek Bensu, Bisnis Ayam Geprek Artis yang Sukses

Namun demikian ada perbedaan mendasar antara ketiganya, berikut perbedaan ayam geprek, ayam penyet, dan ayam gepuk:

1. Ayam geprek

Pembuat ayam geprek pertama di Indonesia, Ruminah asal Yogyakarta mengatakan ayam geprek adalah ayam goreng tepung (kentucky) yang diberi sambal di atasnya.

Ayam tersebut kemudian diulek agar daging terlepas dari tulang. Jadi empuknya ayam geprek mengandalkan tenaga pengulek ayam.

Sambal yang digunakan untuk pendamping ayam geprek sangat beragam.

Umumnya sambal bawang, tetapi bisa juga sambal matah, sambal embe, sambal madura, sambal kecombrang. Intinya aneka sambal khas Indonesia.

Ayam geprek di Geprek Bensu. Dok. Facebook Geprek Bensu Ayam geprek di Geprek Bensu.

Topping ayam geprek juga beragam, biasanya diberikan keju parut atau keju mozarella yang leleh.

Ayam geprek bisa dibilang hidangan cepat saji dengan cita rasa Indonesia. Ayam goreng tepung asalnya dari Amerika Serikat.

Baca juga: Apa Itu Ayam Geprek? Dari Mana Asal Usulnya?

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X