Dilarang Sajikan Prasmanan, Rumah Makan Padang di Jakarta Atur Siasat

Kompas.com - 05/06/2020, 15:03 WIB
Aneka makanan yang disusuh seperti rumah makan padang KOMPAS.COM/YOSIA MARGARETTAAneka makanan yang disusuh seperti rumah makan padang


JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperbolehkan rumah makan kembali menyediakan fasilitas makan di tempat mulai Senin (8/6/2020).

Aturan tersebut berlaku untuk rumah makan yang berdiri sendiri dan tidak berada di pusat perbelanjaan.

Namun ada beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan oleh rumah makan. Termasuk membatasi kapasitas jumlah pengunjung/tamu/pengguna/karyawan jadi maksimal 50 persen dari kapasitas.

Rumah makan juga didorong untuk melakukan pembayaran secara cashless.

Baca juga: Restoran Sederhana Ubah Aturan untuk Tamu yang Makan di Tempat

Tak itu saja, penyajian makanan prasmanan (hidang) seperti yang sering dilakukan oleh rumah makan khas Minang tidak lagi diperbolehkan.

Penyajian makanan harus menggunakan sistem ala carte atau satuan sesuai pesanan. 

Manajer Padang Merdeka cabang Kota Tua, Didi Mardiyanto, mengatakan bahwa Padang Merdeka mendukung keputusan ini.

“Dari jauh-jauh hari kami juga sudah diinfo bahwa Rumah Makan Padang Merdeka tidak disarankan untuk dihidang dulu sementara sampai waktu tertentu,” ujar Didi pada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

salah satu hidangan yang ada di Padang Merdeka yaitu ayam goreng Padang Merdeka dan Nasi ramesKOMPAS.com / Gabriella Wijaya salah satu hidangan yang ada di Padang Merdeka yaitu ayam goreng Padang Merdeka dan Nasi rames

Sistem prasmanan yang biasa digunakan oleh Padang Merdeka akan diubah menjadi ala carte.

Tamu yang datang akan dipersilakan duduk dan memesan makanan apa saja yang diinginkan. Makanan lalu akan diantar langsung ke meja.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X