Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Benar Pakai Sendok Kayu Bikin Masakan Lebih Enak?

Kompas.com - 14/06/2020, 11:18 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber eatthis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sendok kayu jadi alat masak yang cukup penting untuk dimiliki. Selain punya banyak keunggulan, sendok kayu juga tahan lama dan sangat cocok untuk digunakan untuk masakan dan wajan tertentu.

Baca juga: Tips Rawat Sendok Kayu Agar Tak Jamuran, Cuci Pakai Air Panas

Penggunaan sendok kayu sebagai alat masak juga sempat memunculkan anggapan bahwa hal itu akan mempengaruhi rasa masakan jadi lebih nikmat.

Chef Yogie Putranto dari HARRIS Hotel Sentul City – Bogor mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah sugesti belaka. Penggunaan sendok kayu tidak akan memengaruhi rasa makanan.

“Itu sugesti aja sebenarnya. Kecuali kalau kita masak pakai kayu bakar. Nah itu baru akan pengaruh rasa asapnya pasti masuk,” ujar Cheg Yofie pada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Namun yang jelas, penggunaan sendok kayu pasti akan berpengaruh pada wajan penggorengan yang digunakan.

Jika kamu menggunakan wajan teflon anti lengket, maka sebaiknya menggunakan sendok kayu.

Baca juga: Apa Kelebihan Masak Pakai Sendok Kayu? Tak Hanya Anti Panas

Jangan gunakan spatula dari bahan stainless steel karena bisa menggores lapisan anti lengket yang akhirnya akan merusak lapisan tersebut.

Ilustrasi sendok kayuShutterstock Ilustrasi sendok kayu

Seperti dilansir dari Eat This, Chef Hether Terhune, Executive Chef dari Tre Rivali dan The Outsider di Milwaukee, Wisconsin mengatakan bahwa sendok kayu jadi alat masak terbaik karena selain kuat dan tahan lama juga tidak akan merusak alat masak lainnya.

Wajan anti lengket punya lapisan teflon yang bisa tergores dengan alat masak dari besi. Lapisan anti lengket yang tergores ini bisa mengkontaminasi makanan dan berbahaya untuk tubuh.

Tak itu saja, sendok kayu juga bisa digunakan untuk membuat hampir semua jenis makanan. Menurut Chef Yogie, ia bisa membuat masakan apa pun dengan sendok kayu.

Ilustrasi meletakkan sendok kayu di atas panciShutterstock Ilustrasi meletakkan sendok kayu di atas panci

“Kayu buat numis bisa. Tergantung kuantitas masakannya, jangan pakai spatula kayu nanti bisa patah. Bisa masak apa aja, enggak masalah, capcay segala macam itu bisa,” kata Chef Yogie.

Sendok kayu, kata Chef Terhune, juga alat yang baik untuk memasak masakan yang lembut seperti sup atau saus.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk masakan yang punya larutan agak padat dan butuh sedikit tenaga ekstra untuk mengaduknya.

Namun lain halnya jika kamu ingin membuat aneka dessert. Chef Yogie tidak menyarankan penggunaan sendok kayu untuk mengaduk bahan-bahan untuk sajian penutup yang lengket seperti karamel atau cokelat.

“Spatula silikon kita lebih banyak ke pastry karena dia liquid-nya kan lengket. Jadi kalau pakai yang kayu, dia akan menempel di kayunya. Kalau silikon akan lebih mudah dibersihkan,” tegas Chef Yogie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com