Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alat Bikin Kue untuk Baker Pemula, Kocokan Manual sampai Timbangan

Kompas.com - 14/06/2020, 07:15 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Alat-alat khusus untuk memanggang kue bisa dibilang sedikit lebih rumit daripada proses memasak biasa.

Seorang pemanggang kue membutuhkan alat-alat khusus yang bisa membantu proses pembuatan kue jadi lebih mudah.

Baca juga: Resep Pizza Teflon Simple, Bisa Dibikin Bareng Anak

“Pemula untuk kue sih yang harus punya banget itu oven, hand whisk, stainless bowl, hand mixer, spatula,” ujar Chef Patissier Risa Andithia pada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

“Kue sih luas ya. Kalau untuk roti yang dibutuhkan hanya oven, stainless bowl, sama loyangnya saja. Karena kebetulan bisa bikin roti tanpa alat apa pun. Tapi kalau cake harus punya minimal hand mixer,” sambung dia.

1. Oven

Para pemanggang kue atau roti sebaiknya punya oven.

Ada beberapa jenis oven yang bisa kamu temukan di pasaran. Mulai dari oven konveksi, oven tangkring, oven konvensional yang sering menyatu dengan kompor, oven toaster, serta oven microwave.

2. Hand whisk

Chef Risa menyarankan untuk menggunakan hand whisk dari bahan stainless steel. Selain digunakan untuk mengocok telur, hand whisk juga bisa untuk mencampur aneka bahan kering.

Ilustrasi loyang kue. Dok. Nytimes/Michael Hession Kitchen & DiningBaking Ilustrasi loyang kue.

3. Stainless bowl

Mangkuk dari bahan stainless jadi begitu penting untuk wadah mencampur bahan. Selain itu, stainless bowl juga relatif lebih bersih ketika sudah dicuci daripada mangkuk dari plastik.

“Karena bahan plastik belum tentu bisa dicuci bersih pasti masih ada residu yang tersisa di dalam pori-pori plastiknya.

Terutama untuk proses pengocokan meringue, pasti akan lebih banyak gagalnya kalau menggunakan bowl berbahan dasar plastik,” jelas Chef Risa.

4. Hand mixer

Menurut Chef Risa, hand mixer jadi cukup penting khususnya di tahapan awal membuat kue seperti mencampur mentega, telur, dan gula.

Proses ini membutuhkan waktu serta tenaga agak besar, sehingga lebih praktis pakai hand mixer daripada hand whisk.

5. Spatula silikon

Spatula dari silikon jadi begitu penting untuk mengikis sisa adonan dari panci atau sudut-sudut mangkuk dan stoples.

Spatula silikon bisa menjangkau celah yang sulit lebih baik daripada spatula kayu biasa. Alat ini juga sangat berguna untuk mencampur bahan-bahan basah dan kering.

Ilustrasi oven, membuat kue, memanggang kueShutterstock Ilustrasi oven, membuat kue, memanggang kue

6. Loyang

Loyang juga jadi begitu penting sebagai wadah adonan kue ke dalam oven. Menurut Chef Risa, loyang untuk kue bisa menggunakan yang bentuknya standar kotak atau bulat.

Sementara untuk ukurannya, bisa kamu sesuaikan dengan ukuran oven yang kamu miliki.

7. Timbangan

Memanggang butuh ketelitian tingkat tinggi. Maka dari itu sangat penting bagi pemanggang pemula untuk memiliki timbangan, sehingga dapat memastikan takaran tiap bahan sesuai resep.

“Perlu banget. Biar pun di zaman sekarang kadang masih banyak yang pakai gelas belimbing untuk menakar bahan-bahannya. (Gunakan) timbangan yang digital supaya akurat. Untuk takaran dalam jumlah sedikit bisa pakai sendok takar stainless steel,” papar Chef Risa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com