Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alat Masak yang Wajib Dimiliki Anak Kost, Kamu Punya yang Mana?

Kompas.com - 13/06/2020, 20:26 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi perantau dan tinggal di kost, membuat anak kost pandai menemukan cara unik untuk mengolah makanan sendiri. Seperti masak nasi uduk pakai rice cooker maupun bikin roti bermodalkan panci.

Baca juga: Resep Roti Tawar Tanpa Oven, Cukup Pakai Panci

Namun walaupun hanya bermodal alat masak sederhana, anak kost tetap bisa masak beragam makanan.

Sebagai anak kost, setidaknya inilah 4 alat masak yang harus kamu punya.

1. Panci

Kalau tempat kost menyediakan kompor, maka kamu cuma perlu panci untuk membuat makanan sederhana. Juga tidak perlu bingung saat lapar tengah malam. Kamu bisa merebus mi instan maupun telur.

"Mayoritas tujuannya (alat masak) rata-rata hanya untuk memasak air dan membuat mie instan, karena kemungkinan besar kalau untuk memasak makanan rata-rata mereka lebih suka beli," ujar Travelling Chef Wira Hardiansyah kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: Resep Es Krim Cokelat Tanpa Mixer, Cuma Pakai Tiga Bahan

Panci juga bisa menjadi sarana untuk bikin lauk sederhana seperti nugget dan sosis. Kamu juga bisa memasak air untuk membuat kopi saset, teh, atau sereal.

2. Rice cooker

Salah satu alat masak yang dikhususkan untuk menanak nasi ini sebenarnya bisa dan aman untuk bikin makanan lain seperti nasi goreng, oseng-oseng, dan makanan lainnya.

Baca juga: Masak Pakai Rice Cooker, Berikut Resep dan Cara Buat 10 Makanannya

"Aman (memasak di rice cooker) karena hanya dengan listrik, tapi kalau kebaret-beret yang rusak hanya bawahnya saja," papar Executive Chef at AMUZ Gourmet Restaurant. APREZ Catering & AMUZ Gourmet Restaurant, Stefu Santoso kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Selain nasi goreng kamu juga bisa membuat nasi uduk, nasi timbel, bahkan piza.

Ilustrasi masak nasi uduk dan nasi goreng pakai rice cooker. SHUTTERSTOCK/HONGCHANSTUDIO Ilustrasi masak nasi uduk dan nasi goreng pakai rice cooker.

 

Namun menurut Chef Wira memasak di rice cooker kurang efektif.

"Tidak seefektif masak menggunakan fasilitas rumahan, suhu panas rice cooker pun berpengaruh pada hasil masakan," jelasnya.

"Contohnya ketika kita mau masak nasi uduk atau nasi kuning pun alangkah bagusnya diaron di kompor baru dimasukkan ke rice cooker, karena hasilnya kurang maksimal jika langsung di rice cooker," tambah Wira.

3. Kompor portable

Jika boleh membawa kompor portable ke kost, maka kamu bisa berkreasi kuliner dari dalam kamar saja.

Baca juga: Resep Pizza Ramen Kriuk ala Jepang, Variasi Makan Mi Instan

Namun saat memasak, lebih baik buka jendela atau pintu kamar supaya asap dapat keluar dan tetap ada sirkulasi udara.

"Harus hati-hati saat pasang gas-nya," jelas Chef Stefu.

Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan, kamu harus menuruti semua prosedur atau aturan dalam memasang gas, agar proses masakmu tetap aman.

4. Panci listrik

Selain kompor portable dan rice cooker, ada juga panci listrik. Bagian bawah panci berfungsi sebagai kompor listrik barulah bagian atas terdapat panci.

Pakai panci ini, kamu bisa menggoreng makanan, menanak nasi, mengukus bakpao, mendidihkan air, dan tentunya bikin mi instan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com