Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/06/2020, 08:18 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

Sumber My Recipes


KOMPAS.com – Jika kamu membeli peralatan dapur, kamu mungkin akan menemukan berbagai jenis sendok untuk masak. Ada yang dibuat dari plastik, stainless steel, silikon, nilon, dan kayu.

Baca juga: Tips Rawat Sendok Kayu Agar Tak Jamuran, Cuci Pakai Air Panas

Namun khusus untuk sendok yang terbuat dari kayu, bisa dibilang ini jadi alat yang wajib ada di dapur. Memang apa istimewanya sendok kayu?

Dilansir dari My Recipes, sendok kayu punya banyak keistimewaan jika dibandingkan dengan sendok-sendok lain yang dibuat dari bahan berbeda.

Pertama, sendok kayu tidak akan menggores bagian permukaan anti lengket pada wajan. Tak itu saja, sendok kayu juga tidak akan meninggalkan bekas pada panci tembaga yang halus.

Hal itu sangat penting untuk makanan yang harus banyak diaduk seperti karamel, risotto, dan permen.

Selain itu, sendok kayu juga “hangat”.

Maksudnya, jika kamu memasukkan sendok kayu ke permen yang sedang dimasak dalam suhu tinggi atau resep lain yang membutuhkan suhu spesifik, maka campuran di dalam panci tidak akan “terkejut” dan menyebabkan kristalisasi.

Sendok kayu juga tidak bersifat konduksi, sehingga tidak akan mengambil panas dari makanan yang sedang dimasak. Tanganmu juga tidak akan terbakar.

Baca juga: Apakah Benar Pakai Sendok Kayu Bikin Masakan Lebih Enak?

Ilustrasi meletakkan sendok kayu di atas panciShutterstock Ilustrasi meletakkan sendok kayu di atas panci

Kemudian sendok kayu juga cukup keras untuk mengaduk makanan yang tebal dan banyak, seperti rebusan yang kental dan adonan. Sendok kayu juga bisa mengorek bagian agak keras yang mencoklat di dasar panci.

Sendok kayu yang tahan panas juga tidak akan meleleh ketika mengaduk sirup panas atau ketika diletakkan begitu saja menempel pada panci yang panas atau dekat api kompor.

Sendok kayu memang bisa terbakar, tapi sendok kayu yang sudah terbakar sedikit ternyata masih bisa kamu gunakan.

Tak seperti alat masak yang terbuat dari bahan plastik misalnya, sendok kayu tidak akan melepaskan senyawa berbahaya ketika digunakan pada makanan panas.

Sendok kayu juga rata-rata aman digunakan untuk semua resep. Beberapa alat masak dari besi akan bereaksi dengan makanan asam, seperti saus tomat atau dadih lemon.

Sendok kayu tidak akan memengaruhi rasa dari makanan, dan tidak akan menyerap rasa makanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber My Recipes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com