Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Goreng Donat, Bikin Teksturnya Keras

Kompas.com - 07/06/2020, 10:10 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

Sumber The Kitchn

KOMPAS.com - Cara membuat donat sendiri di rumah terbilang mudah, bahannya pun dapat ditemukan di toko sekitar rumah. Namun, terdapat langkah yang sebaiknya diperhatikan saat menggoreng donat.

Baca juga: Resep dan Tips Membuat Donat Kentang yang Mengembang Sempurna

Faktor menggoreng donat menjadi salah satu penentu agar kudapan ini menghasilkan tekstur lembut, rasa nikmat, dan tahan lama.

Sebelum praktik bikin donat, perhatikan 5 kesalahan yang sebaiknya dihindari saat menggoreng donat, dilansir dari The Kitchn.

1. Memakai wajan yang terlalu kecil

Saat digoreng, donat menjadi mengembang, bisa sampai 2 kali lipat ukuran semula. Sehingga hindari mekai wajan yang terlalu kecil.

Pakailah wajan lebar dan punya cekungan dalam, agar donat bisa cukup terendam minyak panas. Isi wajan dengan setidaknya 2 liter minyak, bila menggoreng banyak donat.

Ilustrasi wajan besar dan lebar untuk menggoreng donat. PIXABAY/YUJUN Ilustrasi wajan besar dan lebar untuk menggoreng donat.

2. Tidak menggunakan termometer

Donat sebaiknya digoreng pada minyak panas dengan suhu sampai 175 derajat celsius. Untuk memastikannya, sebaiknya gunakan termometer agar ukuran lebih tepat.

Bila tak mempunyai termometer, terdapat setidaknya 2 metode lain untuk mengecek panas minyak tetapi tak terlihat suhu tepatnya, dikutip dari The Spruce Eats.

Pertama, masukkan sebiji jagung popcorn ke dalam minyak, bila jadi popcorn maka suhu minyak sekitar 162-176 derajat celsius. Suhu yang tepat untuk menggoreng.

Ilustrasi donat topping gula bubuk. PIXABAY/MUPFEL80 Ilustrasi donat topping gula bubuk.

Kedua, letakkan spatula kayu ke dalam minyak. Bila gelembung di sekitar spatula mulai mengambang, maka minyak siap digunakan untuk menggoreng. 

Sementara bila terlalu bergelembung, artinya minyak terlalu panas. Bisa dimatikan dulu sebentar dan cek kembali suhunya.

3. Tidak menyesuaikan suhu minyak di tengah menggoreng

Suhu minyak akan semakin naik ketika kita menggoreng. Saat menggoreng donat batch pertama, mungkin kamu perlu menaikkan panas minyak untuk tetap menjaga suhunya.

Sementara itu, bila tidak sedang menggoreng donat, maka panas minyak pun semakin bertambah.

Cobalah ketika menggoreng donat, naikkan panas secara perlahan, seperlunya saja.

Bila hendak menambahkan donat untuk digoreng, lakukan dengan cepat agar minyak tidak kelamaan menganggur dan jadi semakin panas.

Pastikan cek suhu minyak sebelum menggoreng donat batch selanjutnya.

Ilustrasi pakai minyak panas untuk menggoreng donat. PIXABAY/DOMINIK SCHRAUDOLF Ilustrasi pakai minyak panas untuk menggoreng donat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com