Musim Bunga di Jepang, Kedai Teh Berusia 188 Tahun Hadirkan Parfait Hortensia

Kompas.com - 07/06/2020, 06:16 WIB
Ilustrasi parfait hydrangea atau hortensia di kedai teh berusia 188 tahun di Kyoto, Jepang. DOK. INSTAGRAM @ITOHKYUEMONIlustrasi parfait hydrangea atau hortensia di kedai teh berusia 188 tahun di Kyoto, Jepang.

KOMPAS.com - Kedai teh berusia 188 tahun di Jepang menghadirkan menu spesial, parfait bunga hydrangea (hortensia). Tepatnya dihadirkan di Itohkyuemon cabang Sabo, Uji, Prefektur Kyoto.

Melansir SoraNews24, Kota Uji identik dengan teh, terkenal akan produksi matcha terbaik di Jepang yang disebut Uji matcha.

Baca juga: Apa Itu Matcha?

Namun, bulan ini merupakan waktu spesial bagi Kota Uji sebab bunga hortensia atau ajisai sedang bermekaran. Lokasi populer mekarnya hortensia berada di taman Kuil Mimurotoji.

Hadirnya parfait hydrangea merupakan bentuk apresiasi Itohkyuemon terhadap mekarnya bunga tersebut.

Bentuk parfait ini menggambarkan kumpulan hydrangea mekar yang berkilau di tengah hujan pada awal musim panas.

Ilustrasi parfait hydrangea atau hortensia di kedai teh berusia 188 tahun di Jepang. DOK. INSTAGRAM @ITOHKYUEMON Ilustrasi parfait hydrangea atau hortensia di kedai teh berusia 188 tahun di Jepang.

Namun, menu spesial hydrangea tidak menggunakan kelopak bunga asli. Pasalnya kelopak hydrangea tidak bisa dimakan, lain halnya dengan kelopak bunga sakura.

Oleh karena itu, parfait ini menggunakan bahan yang dibentuk mirip dengan hydrangea. Dalam satu gelas berisi es krim, kanten (agar), gelatin, dan sirup matcha.

Sirup matcha tersebut merupakan kreasi otentik dari staf Itohkyuemon sendiri.

Sementara untuk topping terdiri dari green tea hydrangea kinton, matcha cookies, dan blueberry.

Kinton terbuat dari ubi tumbuk dan chestnut manis, bentuknya seperti kelopak hydrangea. Sementara daunnya terbuat dari kukis matcha ditambah blueberry utuh.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X