Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui KIP Kuliah, USK Beri Keringanan SPI Calon Mahasiswa Mandiri

Kompas.com - 26/06/2023, 12:52 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa kini bisa memanfaatkan banyak cara agar bisa mengenyam di perguruan tinggi. Terlebih bagi warga kurang mampu.

Sebab, pemerintah memiliki program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang bisa diakses oleh calon mahasiswa.

Bagi yang tertarik kuliah di Universitas Syiah Kuala (USK), maka bisa mendaftar di jalur seleksi mandiri.

USK kini mengeluarkan kebijakan untuk memberikan keringanan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) tentu bagi calon mahasiswa baru jalur mandiri melalui KIP Kuliah yang terverifikasi.

Baca juga: USK Mewisuda 1.623 Lulusan, Ada 4 dari Benua Afrika

Menurut Rektor USK Prof. Marwan, kebijakan tersebut bertujuan untuk memberi kesempatan kepada calon mahasiswa khususnya yang kurang mampu untuk masuk PTN melalui jalur Mandiri.

Dikatakan, keringanan SPI ini adalah bentuk dukungan USK agar calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, punya kesempatan yang sama untuk kuliah di kampus ini.

Karena selama ini banyak yang menilai jalur Mandiri itu mahal. Jadi, USK berikan keringanan SPI khusus untuk penerima beasiswa KIP Kuliah.

"Agar anak-anak kita yang kurang mampu ini juga punya kesempatan yang sama kuliah di USK," ujar Rektor dikutip dari laman USK, Senin (26/6/2023).

Batas akhir pendaftaran 27 Juni

Pada kesempatan ini, Rektor juga kembali mengingatkan bahwa batas akhir pendaftaran untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN) Barat atau Jalur Mandiri akan berakhir pada 27 Juni 2023 pukul 16.00 WIB.

Ia menilai, informasi batas akhir pendaftaran jalur Mandiri ini patut menjadi perhatian semua pihak, khususnya orangtua maupun calon mahasiswa baru.
Sebab, Jalur Mandiri merupakan jalur terakhir untuk masuk perguruan tinggi negeri.

"Jika tidak mendaftar segera, maka kesempatan untuk masuk kampus negeri pada tahun ini tidak ada lagi. Anak-anak kita harus mencobanya lagi tahun depan," katanya.

Selain kebijakan pengurangan dana SPI tersebut, pada tahun ini USK juga kembali mengeluarkan kebijakan untuk membuka jalur Seleksi Talenta Berprestasi.

Program penjaringan mahasiswa baru ini akan dilaksanakan bersamaan dengan jalur Mandiri.

Rektor menjelaskan, Program Talenta Berprestasi merupakan program penjaringan mahasiswa baru berdasarkan prestasi/kemampuan pada berbagai bidang. Seperti bidang akademik, kepemimpinan, minat dan bakat, olahraga, tahfidz, olimpiade, dan lainnya.

Baca juga: 12 Jurusan Sepi Peminat di USK, Ada Prodi Diminati 10 Orang Saja

"Ini kesempatan yang baik bagi anak-anak kita yang punya prestasi di bidang akademik dan non akademik, untuk mewujudkan cita-citanya di USK," terang Rektor.

Untuk informasi lengkap terkait proses seleksi jalur Mandiri dan Talenta Berprestasi ini dapat dilihat di laman resmi USK www.usk.ac.id atau https://smmptnbarat.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com