Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Dosen USK Masuk 100 Peneliti Terbaik di Indonesia

Kompas.com - 20/12/2022, 15:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Lima dosen Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil menorehkan prestasi membanggakan setelah nama mereka masuk 100 peneliti terbaik di Indonesia.

Informasi ini berdasarkan publikasi salah satu penerbit jurnal ilmiah terbesar di dunia yaitu Elsevier, terkait 100 peneliti Indonesia yang paling banyak dirujuk penelitiannya.

Baca juga: Ini Kategori Siswa yang Tidak Bisa Daftar UTBK SNBT dan Jalur Mandiri

Adapun kelima dosen tersebut berdasarkan peringkat tertinggi adalah dr. Harapan peringkat ke-5 dari Fakultas Kedokteran dan Prof. Muchlisin peringkat 43 dari Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Lalu Dr. Mudatsir peringkat 49 dari Fakultas Kedokteran, Dr. Agus Arip Munawar peringkat 75 dari Fakultas Pertanian, dan Prof. Rinaldi Idroes peringkat 83 dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Muchlisin menjelaskan, setiap tahunnya Elsevier yang merupakan perusahaan penerbit asal Belanda ini merilis pemeringkatan peneliti paling berpengaruh di dunia.

Di mana setiap tahunnya pula, dosen USK berhasil menjadi salah satu yang masuk dalam top saintis tersebut.

"Seperti pada tahun ini, USK menjadi salah satu perguruan tinggi dengan jumlah dosen terbanyak yang masuk dalam urutan tersebut," kata Muchlisin dalam keterangannya, Selasa (20/12/2022).

Adapun salah satu indikator penilaian Elsevier ini adalah jumlah sitasi pada hasil riset atau artikel publikasi ilmiah dalam satu tahun berjalan (2022).

Di mana hasil riset para dosen tersebut, kerap menjadi rujukan bagi peneliti lainnya, baik skala nasional maupun internasional.

"Ini menandakan hasil riset dosen USK punya reputasi yang patut diperhitungkan," ujarnya.

Baca juga: Ini Jadwal Lengkap Libur Sekolah bagi Siswa di Provinsi Jawa Barat

Rektor USK, Prof. Marwan turut menyampaikan syukur dan rasa bangga atas pencapaian lima dosen USK tersebut.

Dia mengakui, selama ini hasil riset dari kelima dosen tersebut telah banyak memberikan kontribusi penting bagi masyarakat, maupun perkembangan ilmu pengetahuan.

Selain itu, Rektor USK menilai prestasi mereka ini tidak hanya kebanggaan bagi USK. Namun, merupakan kebanggaan kolektif masyarakat Aceh.

Sebab pencapaian ini secara tidak langsung turut meningkatkan reputasi USK, khususnya di jajaran perguruan tinggi nasional.

Baca juga: 20 Jurusan ITB Punya Daya Tampung Terbanyak, Referensi SNPMB 2023

"Prestasi ini adalah hasil dari ketekunan mereka pada bidang kajiannya masing-masing. Maka kami berharap, prestasi mereka ini bisa menginspirasi dosen USK lainnya, untuk terus menghasilkan riset yang bermanfaat bagi masyarakat," tukas Rektor USK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com