Kompas.com - 28/09/2022, 06:10 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (guru PPPK) 2022 menjadi upaya pemerintah memenuhi kebutuhan pendidik berkualitas.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mendorong pemerintah daerah (Pemda) untuk mengajukan formasi guru PPPK secara optimal.

Baca juga: Seleksi Guru PPPK 2022 Dibuka November, Ini Prioritas yang Diangkat

Plt. Dirjen GTK Kemendikbud Ristek, Nunuk Suryani mengaku, di satuan pendidikan negeri, angka kebutuhan guru yang dibutuhkan yaitu 2,4 juta. Angka tersebut juga sudah memperhitungkan kebutuhan guru agama.

Dalam menutupi kebutuhan tersebut, saat ini telah tersedia 1,3 juta guru ASN, dan serta dengan mempertimbangkan sumber individu lain, seperti Guru DPK, Guru yang telah lulus Passing Grade di tahun 2021, dan produksi PPG Pra Jabatan.

"Jadi kami masih kekurangan guru PPPK di sekolah negeri sebanyak 781 Ribu," kata dia dalam keterangan resminya melansir laman Kemendikbud Ristek, Selasa (27/9/2022).

Namun, total usulan formasi dari pemda yang telah di verifikasi/validasi Kemenpan-RB sekitar 319 ribu pada 2022 atau di bawah 50 persen.

"Semua provinsi sudah membuka formasi, tetapi ada yang timpang. Sebagai contoh, Kepulauan Riau hanya mengusulkan 718 dari total kebutuhan 3.064 guru. Ada daerah lain seperti Jawa Barat yang mengajukan 3.800 dari 26 ribu kebutuhan. Pengajuan dari daerah berkisar 41 persen dari semua kebutuhan," kata Nunuk.

Pemerintah telah melakukan persiapan rekrutmen guru PPPK tahun 2022 melalui koordinasi bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga: Seleksi PPPK Guru 2022, Pemerintah Anggarkan Dana Rp 14 Triliun

"Koordinasi tersebut dilakukan agar dapat merekrut guru PPPK dilakukan lewat pola tertutup dan pola terbuka," ucap Nunuk.

Lanjut dia menjelaskan, rekrutmen tertutup itu artinya akan diseleksi kebutuhan guru PPPK untuk rombongan belajar (rombel) atau kelas yang telah terisi oleh guru non-ASN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.