Kompas.com - 27/09/2022, 21:47 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Asupan gizi seimbang dan aman perlu untuk anak. Hal itu merupakan kunci tumbuh kembang anak agar berjalan lebih optimal.

Itu disampaikan oleh Rektor Universitas YARSI Prof. Fasli Jalal saat acara webinar "Melalui Dongeng Pemberian Makan Gizi Seimbang Batita Menjadi Menyenangkan" pada Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Sosok Alvin, Sarjana Terbaik ITS dengan IPK 3,96

"Asupan gizi harus menjadi perhatian orangtua, karena 1 dari 4 anak usia 5 tahun masih mengalami gagal tumbuh atau stunting," ungkap dia.

Dia menyebut, pola asupan yang diterima anak yang mengalami kekurangan itu tidak berlangsung singkat, tapi dalam waktu yang cukup lama.

"Ini karena ketersediaan makanan di rumah, tidak mampu beli atau tidak cukup dana yang disediakan untuk membantu siapkan bahan makanan yang ada di rumah," tegas dia.

Tak lupa, itu juga karena kurangnya pengetahuan. Untuk itu, penting bagaimana sang ibu menggunakan cara, agar anak merasa nyaman dan ingin mengonsumsi makanan yang seimbang dan aman.

Bagi anak, kata dia, suasana sangat penting. Apalagi dilakukan dengan mendongeng, maka memudahkan anak bisa menyantap makanan dengan cepat.

Dia berharap, lewat dongeng maka anak-anak bisa tumbuh dan berkembang menjadi sehat. Lalu, anak bisa cerdas dan mempunyai akhlak yang mulia.

Baca juga: Menteri Nadiem Dapat Apresiasi di PBB, tetapi Belum di Negeri Sendiri

Psikolog dari YARSI, Zulfa Febriani menyebut, ada beberapa makanan yang perlu dikenalkan kepada anak, yakni:

  • ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.
  • ASI terus diberikan sampai usia 6 tahun.
  • Saat usia 6 bulan, ASI harus didampingi oleh beragam makanan (MPASI) bernutrisi, aman, dan cukup tanpa diberi tambahan gula dan garam.
  • Menu orang dewasa setelah lepas MPASI.

"Dengan ini, maka tumbuh kembang anak akan lebih baik," jelas dia.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.