Kompas.com - 27/09/2022, 21:07 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong perguruan tinggi untuk ikut bertanggung jawab mengawal para alumni untuk menjaga integritas.

Menurut Wakil Ketua KPK Nurul Gufron, yang dibutuhkan dari perguruan tinggi saat ini adalah kader-kader atau lulusan yang berintegritas.

Baca juga: Sosok Alvin, Sarjana Terbaik ITS dengan IPK 3,96

Gufron menjelaskan bentuk-bentuk tindak pidana korupsi, mulai dari menyalahgunakan wewenang, memperkaya diri atau orang lain, suap, gratifikasi, pemerasan, hingga konflik interest.

"Semua jenis korupsi tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda," kata dia saat memberi paparan dihadapan civitas akademika UIN Walisongo, seperti melansir laman Kemenag, Selasa (27/9/2022).

Semua pihak, kata Gufron, dapat terjerat korupsi, baik kalangan akademik maupun non akademik.

Sehingga dibutuhkan kesadaran bersama untuk membentuk kader berintegritas dalam setiap jenjang pembelajaran.

"Membangun Indonesia tidak cuma dengan ilmu, tapi juga karakter bangsa, dengan berintegritas. Kita saat ini melihat tidak ada SKS yang menanamkan integritas. Misalnya proses rekrutmen itu yang dicari berasal dari TPA. Proses pembelajaran tesnya materi kurikulum. Evaluasinya tes tulis dari kurikulum. Sampai alumni juga tidak ada," ucap Gufron.

"KPK butuh saat ini, agar ada tanggung jawab akademik dari dunia pendidikan pada alumni-alumninya. Bagaimana mencetak kader yang berintegritas," tambah dia.

Gufron menambahkan, perguruan tinggi bukan sebatas memberikan knowledge.

Sebab kalau hanya itu, perguruan tinggi akan kalah dengan robot. Karenanya, selain knowledge, harus diajarkan integritas.

Baca juga: Seleksi Guru PPPK 2022 Dibuka November, Ini Prioritas yang Diangkat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.