Kompas.com - 27/09/2022, 19:42 WIB

KOMPAS.com - Bobot penilaian universitas unggul di Amerika Serikat (AS) dan Inggris tidak hanya melihat nilai akademis dalam proses seleksi. Kepribadian, kepemimpinan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang pernah diikuti turut menjadi pertimbangan.

Sebagai informasi, tidak mudah untuk dapat lulus dalam seleksi masuk universitas kelas dunia di AS dan juga Inggris.

Setiap tahunnya, universitas unggulan di AS dan Inggris menerima puluhan ribu aplikasi dari seluruh dunia dan hanya meloloskan sebagian kecilnya. Sebagai contoh, tahun ajaran 2022 ini, Harvard University hanya menerima 4,59 persen dari 42.749 pelajar yang melamar.

Dalam kegiatan Extracurricular and Leadership Building Pro?le Seminar with Crimson Education (24/09/2022) di Jakarta Selatan, Lyn Han, Former Alumni Interviewer di University of Chicago dan US University Admissions Strategist memberikan penjelasan skema seleksi universitas penerimaan di AS dan Inggris yang bersifat holistik.

“Dalam menyeleksi semua calon mahasiswanya, universitas-universitas unggulan di AS dan Inggris tidak hanya menilai pencapaian akademis, Tetapi juga kegiatan ekstrakurikuler dan kepemimpinan, serta kepribadian calon mahasiswa yang tersirat melalui penulisan esai dan wawancara," tegas Lyn Han.

Selama ini, lanjut Lyn Han, ada anggapan kuat pelajar yang memiliki nilai rapor sempurna pasti bisa menembus universitas unggulan seperti Harvard University atau University of Oxford.

"Pencapaian akademis memang penting, tetapi bukan golden ticket yang dapat menjamin keberhasilan seseorang dalam menembus universitas kelas dunia,” jelas Lyn Han.

Pendekatan holistik

Dengan pendekatan holistik yang memungkinkan calon mahasiswa dinilai secara utuh, bakat dan minatnya pun menjadi penting untuk penilaian dalam seleksi penerimaan universitas.

Vanya Sunanto, Country Manager, Indonesia di Crimson Education memaparkan adanya perbedaan antara pendekatan dalam sistem pendidikan di Indonesia yang cenderung mengutamakan pencapaian akademis dengan sistem pendidikan di AS dan Inggris yang cenderung holistik.

Baca juga: Akun Resmi BP3 Kemendikbud untuk Seleksi Masuk PTN 2023, Jangan Salah

"Inilah yang dijembatani Crimson Education melalui layanan konsultasi dan bimbingan seleksi penerimaan universitas di AS dan Inggris. Di Crimson, kami selalu mengawali layanan kami dengan menggali segala sesuatu tentang calon siswa kami, mulai dari bakat, minat, kelebihan, kekurangan, aspirasi, hingga cita-cita yang ingin ia capai," jelas Vanya Susanto.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.