Kompas.com - 17/08/2022, 20:30 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia sedang merayakan hari hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Indonesia pada Rabu (17/8/2022). Tema besar dari HUT ke-77 Indonesia adalah "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia juga banyak diperingati oleh perguruan tinggi, baik dari perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Baca juga: Pelaksanaan Ospek, UB Jamin Tidak Ada Perpeloncoan ke Mahasiswa Baru

Dari masing-masing perguruan tinggi, mempunyai makna tersendiri terkait peringatan HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia.

Berikut rangkuman Kompas.com seperti melansir laman resmi beberapa perguruan tinggi.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menggelar menggelar upacara bendera peringatan HUT ke-77 kemerdekaan Indonesia di halaman Balairung UGM. Upacara dipimpin oleh Rektor UGM, Prof. Ova Emilia diikuti pimpinan universitas dan fakultas, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Rektor UGM menyampaikan, bahwa momentum peringatan ulang tahun kemerdekaan ini harus bisa mengajak seluruh warga UGM bersama untuk kembali mengobarkan optimisme sebagai bangsa yang dinamis, sinergis, tegas, dan lugas dalam menyongsong gerak percepatan segala sektor pembangunan bangsa.

Kekuatan dan ketangguhan untuk bangkit dengan semangat gotong royong yang melambangkan semangat persatuan dan sinergi antar lini, menjadi daya ungkit percepatan pemulihan negeri.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Momentum peringatan ini, kata dia, sekaligus mengajak kita semua untuk mengenang, merayakan, dan merefleksikan kedalaman makna misi bangsa untuk bergerak, dan bangkit dari keterpurukan serta menyongsong perubahan peradaban yang lebih dinamis.

Kemerdekaan bukanlah puncak capaian dan kondisi final. Di dalamnya terkandung tantangan yang terus bertumbuh.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.