Kompas.com - 17/08/2022, 15:56 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Indonesia dengan protokol kesehatan.

Dalam pidatonya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim selaku Pembina Upacara mengucapkan selamat memperingati HUT RI dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya pelaku pendidikan untuk melanjutkan gotong royong mewujudkan Merdeka Belajar.

Baca juga: Pelaksanaan Ospek, UB Jamin Tidak Ada Perpeloncoan ke Mahasiswa Baru

"Selamat HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia. Kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong royong kita untuk pulihkan dan bangkitkan Indonesia Merdeka, wujudkan Merdeka Belajar," kata dia dalam pidato upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan di halaman Kantor Kemendikbud Ristek, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Nadiem mengungkapkan, dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung semangat "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Menurut Mendikbud Ristek, semangat tersebut saat ini sedang dibuktikan melalui peran besar Kemendikbud Ristek melalui presidensi G20 dengan menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

"Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar," ucap Mendikbud Ristek.

Lanjut dia menbgatakan, beberapa program telah dilaksanakan Kemendikbud Ristek dalam perluasan akses pendidikan yang berkualitas.

Di antaranya melalui terobosan mekanisme Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan berbagai program dukungan siswa.

Baca juga: Ini 15 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Selain itu, program Kampus Merdeka juga telah digulirkan Kemendikbudristek untuk menciptakan generasi muda yang terlatih dengan dunia kerja.

"Kita telah meyakinkan dunia bahwa generasi Indonesia sudah terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat, yang bekalnya diperoleh sejak di bangku kuliah melalui berbagai program belajar di luar kampus yang terhimpun dalam Kampus Merdeka," tutur Nadiem Makarim.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.