Kompas.com - 17/08/2022, 11:27 WIB
|

KOMPAS.com - Tepat hari ini, Rabu (17/8/2022), bangsa Indonesia merayakan HUT ke-77 kemerdekaan. Bagi siswa, apakah sudah paham makna logo HUT ke-77 RI?

Ternyata ada makna atau filosofi yang tersimpan dari logo tersebut. Hingga makna tema besar dari HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Sebab, setiap tahun pemerintah merilis arti dan filosofi yang berbeda-beda.

Melansir laman Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII (LLDikti 8) Kemendikbud Ristek, Rabu (10/8/2022), berikut ini makna logo HUT ke-77 RI.

Baca juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Versi Tulisan Tangan Soekarno dan Ketikan Sayuti Melik

Filosofi logo 17 Agustus 2022

Mengutip dari laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) yang telah mengumumkan Logo 17 Agustus 2022 pada 12 Juli 2022 lalu, didapati Tema Besar Peringatan 77 Tahun Republik Indonesia “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan pada tanggal 12 Juli 2022.

Surat edaran tersebut memuat Tema, Logo dan ajakan partisipasi seluruh pihak untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Logo resmi tersebut secara sah dijadikan identitas HUT ke-77 RI.

Logo resmi Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini memiliki dua variasi warna, diantaranya Merah dan Putih.

Adapun logo resmi Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia mengutip dari Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia didapati Karakter Visual yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global.

Baca juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Sempat Dibuang di Keranjang Sampah

Sebuah refleksi dari nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika yang mempersatukan bangsa Indonesia dalam mewujudkan harapan untuk bersama “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” menuju Indonesia maju.

Dalam karakter visual yang telah dipublikasikan, terselip filosofi yang sangat bermakna dalam Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut adalah makna filosofis yang terkandung dalam Logo tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.