Kompas.com - 17/08/2022, 09:55 WIB

 

KOMPAS.com - Mahasiswa penerima KIP Kuliah tetap bisa mengikuti semua Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Misalnya, pertukaran mahasiswa, magang industri, mengajar, membangun desa, proyek penelitian dan sebagainya.

Bila mahasiswa penerima KIP Kuliah mengikuti salah satu program Kampus Merdeka, maka Uang Kuliah Tunggal atau UKT tetap akan dibayarkan pada perguruan tinggi dimana mahasiswa itu berkuliah.

Baca juga: UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah, Gratis UKT dan Biaya Hidup

Namun untuk biaya hidup akan dihentikan sementara selama mengikuti program MBKM.

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbudristek, Abdul Kahar.

“Biaya hidup pada program KIP Kuliah akan dihentikan sementara, sebab selama mengikuti program Kampus Merdeka, mahasiswa akan juga menerima biaya hidup sesuai program Kampus Merdeka karena sesuai peraturan, tidak boleh terjadi double funding," kata Abdul, dilansir dari laman Puslapdik.

Pada Program Kampus Merdeka, mahasiswa berpeluang kuliah selama satu semester di program studi yang berbeda pada perguruan tinggi yang sama.

Mahasiswa penerima KIP Kuliah yang ikut program Kampus Merdeka, juga bisa memilih 2 semester pada program studi yang sama atau berbeda di perguruan tinggi yang berbeda.

Bisa juga melalukan pembelajaran di luar perguruan tinggi, seperti magang industri, mengajar, membangun desa, dan lain-lainnya.

Abdul mengatakan, sistem KIP Kuliah di Puslapdik sudah terintegrasi dengan sistem Kampus Merdeka di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.