Kompas.com - 17/08/2022, 05:57 WIB

KOMPAS.com - Psikolog Universitas Airlangga (Unair) Pramesti Pradna Paramita menekankan pentingnya self care atau perawatan diri.

Namun apa itu self care? Menurut dosen Unair ini, definisi self care dapat dilihat dari dua perspektif yaitu kesehatan dan psikologis.

Pramesti menjelaskan, dari sudut pandang kesehatan, WHO (World Health Organization) memberikan definisi bahwa self care merupakan kemampuan seseorang, keluarga, atau komunitas untuk menjaga kesehatan, mempromosikan kesehatan, mencegah penyakit, dan menghadapi kondisi sakit atau disabilitas dengan atau tanpa dukungan dari penyedia layanan kesehatan.

WHO menyoroti beberapa faktor yang berkaitan dengan self care. Diantaranya kebersihan, nutrisi, gaya hidup, faktor lingkungan, faktor sosial-ekonomi, self-medikasi, serta dua prinsip utama meliputi aspek individual dan komunitas.

Baca juga: Cek 3 Program Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat LoA, Tertarik Daftar?

Pramesti menerangkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang dalam rangka self care atau merawat diri sendiri. 

1. Meluangkan waktu

Pramesti menyampaikan, sedangkan dari sudut pandang psikologis, National Institute of Mental Health mengartikan self care sebagai usaha meluangkan waktu untuk melakukan berbagai hal yang akan membantu seseorang hidup dengan baik (live well). Selain itu juga meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

"Self care juga bisa diartikan sebagai usaha memberikan perhatian yang cukup, bagaimana peduli, merawat, dan menjaga diri sendiri. Tapi, yang perlu diingat bahwa bukan hanya kesehatan fisik, tapi juga psikologis," ungkap Pramesti seperti dikutip dari laman Unair, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Unesa Pecahkan Rekor MURI, Tanda Tangan MoU Terbanyak dengan 173 Pemda

2. Urgensi self care

Alumnus Monash University ini mengungkapkan, self care memiliki peran penting dalam kehidupan, khususnya korelasi dengan kondisi mental.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.