Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Pecahkan Rekor MURI, Tanda Tangan MoU Terbanyak dengan 173 Pemda

Kompas.com - 16/08/2022, 15:35 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil mencatatkan diri di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kali ini Unesa mendapatkan rekor MURI karena menjadi perguruan tinggi yang menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan pemerintah daerah (pemda) terbanyak yaitu berjumlah 173 pemerintah daerah (pemda) dan kecamatan.

Penandatanganan kerja sama ini dilakukan pimpinan, jajaran fakultas dan prodi bersama mitra yang bersangkutan secara luring dan daring dalam acara puncak Dies Natalis ke-58 Unesa.

Rektor Unesa Prof. Dr Nurhasan menjelaskan, rekor MURI ini sebagai kado ulang tahun ke-58 Unesa.

Baca juga: Dosen Unair: Ini Sikap Sivitas Akademika Saat Peringati Kemerdekaan Indonesia

Dia menerangkan, melalui kerja sama ini, pada satu sisi dalam rangka pencapaian indikator kinerja utama (IKU) menuju PTN-BH dan maksimalisasi implementasi merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM).

Kolaborasi ini untuk semakin membuka ruang belajar yang seluas-luasnya bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri dan kompetensi sesuai bidang keilmuannya.

Termasuk bagi dosen dalam melakukan program riset maupun pengabdian masyarakat.

"Kampus ini saya ibaratkan rumah makan padang yang punya banyak menu favorit. Mahasiswa tinggal memilih menu yang sesuai selera, bisa rendang atau yang lain. Dalam artian mahasiswa tinggal memilih program mana yang sesuai passion, minat atau bakat serta rencana karier masa depan mereka. Kami siapkan dan fasilitasi, salah satunya lewat kolaborasi yang keren ini," urai Rektor Unesa seperti dikutip dari laman Unesa, Selasa (16/8/2022).

Dia mengungkapkan, di sisi lain, sinergi ini juga untuk sama-sama mendorong kemajuan daerah dari tingkat provinsi, kecamatan, desa hingga rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Dalam hal ini Unesa, baik dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa harus menjadi katalisator pembangunan daerah hingga di desa-desa.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Nilai Universitas Terbuka (UT), Klik sia.ut.ac.id

SDM Unesa satu langkah di depan harus melahirkan terobosan dan lompatan penting bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"MURI ini sebagai motivasi bagi Unesa sendiri untuk meningkatkan kualitas kinerja dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat Indonesia," imbuh Rektor Unesa.

Rektor Unesa menambahkan, capaian ini juga untuk memotivasi kampus lain dalam memperkuat sinergi dengan pemerintah dan institusi lainnya.

Catatkan lima rekor MURI

Senior Manager MURI Sri Widayati menyampaikan, pencatatan MURI bagi Unesa ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, kampus "Satu Langkah di Depan" ini juga catatkan rekor memprakarsai pantomim di kereta api dengan manipulasi olahraga peserta terbanyak pada Mei 2013.

Selain itu juga pemecahan rekor menyanyikan lagu nasional dengan bahasa isyarat oleh mahasiswa terbanyak pada Desember 2018.

Baca juga: Apa Itu Tri Dharma Perguruan Tinggi? Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com